Dinas Perpustakaan Gelar Lomba Bercerita Guna Menumbuhkan Minat Baca Anak

0

KOTA BENGKULU- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bengkulu menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kota Bengkulu di Hotel Putri Gading, Bengkulu, Senin (15/4/2019).

 

Menariknya, acara ini diawali dengan permainan dol dari LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak) yang merupakan binaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bengkulu.

Lomba bercerita ini dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bengkulu, Hj. Siti Janaini, SH, MH., guna menumbuhkan minat membaca anak.

 

“Membaca salah satu hal yang penting di pendidikan baik itu pendidikan formalnya ataupun non formalnya yang justru harus ditingkatkan,” kata Siti Janaini dalam sambutannya.

 

Membaca, lanjut Siti Janaini, merupakan kunci untuk mewujudkan mimpi dan misi Kota Bengkulu dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas.

Sementara itu, Walikota Bengkulu yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kota Bengkulu,  Matriani Amran, mengatakan hal yang senada.

 

“Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini sangat bagus sekali karena menyalurkan bakat minat anak-anak yang mungkin tidak tersalurkan sehingga membuat anak-anak kita lebih kreatif lagi,” sambut Matriani Amran sekaligus membuka acara perlombaan.

 

Lebih Jauh, Matriani berharap pihak juri dalam perlombaan bisa memilih pemenang dengan memberikan nilai yang objektif.

 

“Dewan juri harus bisa menilai seobjektif mungkin,  pilihlah yang terbaik, untuk mewakili Kota Bengkulu. Sehingga nanti kita dapat giring ke tingkat Provinsi, setelah di Provinsi, yang terbaik akan kita kirim ke tingkat nasional,” lanjutnya.

 

Perlombaan bercerita ini akan berlangsung selama dua hari,  terhitung sejak tanggal 15 April hingga 16 April 2019 di Hotel Putri Gading.

 

Sebanyak 46 peserta lomba bercerita dari SD/MI se-Kota Bengkulu hari ini mulai memberikan pertunjukannya untuk memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan, piala, dan piagam.

 

Salah satunya, Angel Stefani, siswi kelas IV dari SD Pelita Kasih Bengkulu yang mengaku senang mengikuti lomba bercerita.

 

“Angel jadi prajurit, udah latihan, udah bikin alat-alatnya juga sama kawan-kawan,” terang Angel. (Lcy) ADV

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here