Peringati HPN, Wagub Kampanyekan Pemanfaatan Pekarangan

0

BENGKULU- Memperingati Hari Pangan Sedunia (HPN) ke XXXIX tingkat Provinsi Bengkulu Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah mencanangkan Kampanye Pemanfaatan Pekarangan dan Konsumsi Olahan Pangan Lokal.

 

Peringatan HPN ini digelar di Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Senin (21/10). Dan peresmian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DTP) Provinsi Bengkulu tersebut ditandai dengan penabuhan alat musik tradisional Dol secara serentak serta pelepasan balon keudara.

“Langkah strategi ini harus kita lakukan dengan baik dan sungguh-sungguh mengingat kebutuhan pangan kita semakin lama semakin meningkat dan sulit didapat,” sampai  Gubernur Bengkulu melalui Wagub Dedy Ermansyah.

 

Ia menambahkan, kegiatan pemanfaatan pekarang adalah untuk mengoptimalkan fungsi pekarangan rumah tangga, sebagai sumber pangan keluarga dan mendorong konsumsi pangan rumah tangga kearah pola konsumsi beragam, bergizi, seimbang dan aman.

 

“Di wilayah Provinsi Bengkulu sudah ada percontohan untuk pemanfaatan pekarangan yakni kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) serta pemanfaatan pekarangan terpadu,” timpal Dedy.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Dedy Ermansyah juga menyerahkan bantuan kepada Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Kelompok Wanita Tani penerima manfaat kegiatan KRPL Kabupaten Bengkulu Tengah. Ia juga berkesempatan mengunjungi stand olahan pangan dari seluruh kelompok Wanita Tani se-Kabupaten dan Kota Bengkulu.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten dijajaran Pemprov Bengkulu, unsur Forkompinda Provinsi, perwakilan dari kabupaten dan kota Bengkulu, Kepala Dinas Ketahan Pangan Provinsi Bengkulu serta Kelompok Tani Nelayan Andalan dan Kelompok Wanita Tani penerima manfaat kegiatan KRPL Kabupaten Bengkulu Tengah.ADV(AR01)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here