Unik, Donat Sayur Bayam

0

Bengkulu, sentralnews.com- Tak semua orang menyukai sayur bayam, padahal kandungan zat besi, kalsium, dan vitamin A pada sayur bayam sangat berperan penting dalam tubuh. Tapi, bagaimana kalau sayur bayam yang kaya serat ini disulap menjadi roti donat yang super lezat?

Meski memiliki bentuk yang tidak mulus, rasa donat bayam buatan ibu-ibu Lembaga Pemberdayaan Wanita (LPW) Melati di Tanah Patah Kota Bengkulu ini tidak diragukan lagi. Teksturnya lembut dan rasanya pun lezat meski hanya bertoping gula halus.

Bahan-bahan pembuatan donat bayam ini pun sangatlah mudah didapat. Proses pembuatan adonannya pun sama dengan pembuatan donat pada umumnya, hanya saja donat bayam ini tidak perlu menunggu waktu agar adonan mengembang. Walaupun tanpa proses pengembangan adonan, donat bayam ini tetap lembut saat digigit.

Proses pembuatannya, diawali dengan memblender sayur bayam hingga menjadi halus. Kemudian dicampur kedalam wadah yang berisi 125 gram mentega 125, 4 butir telur, 2 bungkus vanili, 1 bungkus fermipan, 1 gelas gula halus, dan 1 kg tepung terigu yang ditambah perlahan-lahan. Setelah itu, adonan yang kalis bisa dibentuk dan langsung di goreng. Lalu, donat tersebut bisa ditambahkan dengan berbagai topping.

Ketua LPW Melati, Erliana Marasudin menuturkan, ide awal pembuatan donat bayam tersebut berasal dari anggota LPW melati yang juga seorang petani bayam. Dengan adanya inovasi semacam ini, diharapkan perekonomian petani-petani bayam di Tanah Patah bisa meningkat.

“Kita sudah pasarkan donat bayam ini melalui bazar-bazar dan Alhamdulillah diterima oleh maysarakat Bengkulu. Awalnya, saya melihat prospek Tanah Patah sebagai penghasil sayur bayam, lalu kenapa kita tidak naikkan perekonomian melalui sayur bayam,” tutur Erliana, Jum’at (27/12) di Kota Bengkulu.

Erliana menjelaskan, sayur bayam yang dikelola menjadi berbagai macam produk makanan bisa menambah nilai jual sayur bayam. Bahkan dalam 15 hari panen dalam sebulan bisa mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 750 ribu. Dan donat bayam ini dihargai Rp 10000 per kotak.

“Dua ikat bayam ini kalau di pasar harganya enam ribu, padahal dua ikat bayam ini kita bisa bikin donat bayam dengan 2 kg terigu, dan hasilnya akan berlipat,” pungkas Erliana. (Lcy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here