171 Desa di Provinsi Bengkulu Masuk Kategori Tertinggal

0

Bengkulu, sentralnews.com- Ada sebanyak 171 desa yang di kategorikan tertinggal di atau 12,75 persen dari 1.341 desa yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Berdasarkan penghitungan Indeks Pembangunan Desa (IPD) menunjukkan jumlah desa tertinggal di Bengkulu mencapai 171 desa,” kata Kadis PMD Bengkulu M. Syahroni, Selasa (14/1) di Kota Bengkulu.

Menurut IPD ada ratusan desa yang masih berstatus tertinggal sebab pelayanan dasar masih terbatas, kondisi infrastruktur yang kurang memadai, aksesibilitas/transportasi yang cukup jauh, pelayanan umum rendah, dan penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang belum begitu mumpuni.

Sementara Syahroni menyebutkan rata-rata nilai IPD desa tertinggal berada dibawah 50, sedangkan untuk menjadi desa berkembang IPD harus diatas 50.

“Untuk dimensi transportasi nilainya sudah 75,83, dimensi penyelenggaraan Pemerintahan Desa 67,63, dimensi pelayanan dasar 57,34, dimensi pelayanan umum 53,93, dan dimensi kondisi Infrastruktur 44,61,” sambungnya.

Saat ini jumlah status desa mandiri di Provinsi Bengkulu telah mencapai 20 desa dan 1.150 desa telah berstatus berkembang.

“Kita akan terus upayakan untuk mendorong desa di Bengkulu bisa berstatus berkembang dan mandiri, karena target kita Bengkulu bebas dari desa tertinggal dalam 4 tahun kedepan,” pungkasnya. (Lcy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here