Disperindag Kota Targetkan Digitalisasi Pasar Mampu Tingkatkan PAD Dan Putus Mata Rantai Covid-19

0

Kota Bengkulu, Sentralnews.com- Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu , berkerjasama dengan Bank Bengkulu melakukan sosialisasi di tiga pasar terkait peralihan sistem pembayaran retribusi pasar yang semula manual menuju digitalisasi dengan sistem Kartu Qiris dan Qiren(skenbarcode) yang ada pada IT/smartphone.

Kepala Dinas Disperindag Kota Bengkulu Hj. Dewi Dharma, M.,SI. mengatakan adapun tiga pasar besar yang ada di Kota Bengkulu yang telah dilakukan sosialisasi adalah Pasar Barukoto, Pasar Panorama dan Pasar Minggu, dengan melibatkan setiap pasar 30 orang berprofesi sebagai pedagang dan penagih,dan juga beberapa petugas dari Pemerintah yang menjadi pasilitator pada saat melakukan pembayaran dengan sistem digital.

“Dalam Sosialisasi ini juga hadir beberapa perwakilan dari Bank Bengkulu seperti Kabag Pemasaran beserta stafnya dan juga ada pemateri agar masyarakat lebih memahami sistem pembayaran digitalisasi” Singkat Dewi Dharma.


Dewi Dharma juga berharap dimasa pandemi covid -19 ini masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan di pasar sesuai dengan arahan Walikota Bengkulu Helmi Hasan dengan cara memakai masker, menjaga jarak dan tidak bersentuhan antara pedagang dan pembeli, pedagang dan petugas penagih, dengan otomatis secara langsung kita bisa mumutus mata rantai penularan virus yang sedang menjangkit dunia ini.
Lanjut Kadis, Pemerintah Kota Bengkulu dalam hal ini Disperindag Kota Bengkulu sedang berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan menekan angka kebocoran dengan sistem digitalisasi ini.

“Harapan kami pada saatnya nanti pedagang sudah memakai cara digitalisasi ini maka kebocoran dari PAD akan kelihatan dan bisa di minimalisir dengan target meningkatkan PAD” Tutup Kadis

Terkait rencana kedepan pada bulan juli mendatang sistem pembayaran retribusi berbasis android ini akan diresmikan Walikota Kota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi akan melouncing kepada 100 orang pedagang pasar.ADV

#PemkotEAplication
#HelmihasanOfficial
#Dediwahyudi
#MediaCenterPemkot
#DisperindagBIBPD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here