Dengar Rentetan Keluhan Guru Honor, Kian Kuat Tekat Erwin Sukseskan Program ‘Seluma Melayani’

0
56

Seluma,  Sentralnews.com- Puluhan perwakilan guru honorer TK, PAUD, SD, dan SMP yang ada di kabupaten Seluma bersilaturahmi dengan Calon Bupati Seluma Erwin Octavian di Desa Lubuk Sahung, Kecamatan Sukaraja, Seluma.

Para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut akhirnya mencurahkan isi hatinya (curhat) kepada Erwin Octavian mengenai kondisi kesejahteraan mereka dan minimnya apresiasi dari pemerintah setempat atas keberadaan mereka sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan di tingkat TK, PAUD, SD, dan SMP di Seluma.

Seorang perwakilan guru honorer, Darlis Yulianto mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada perubahan terhadap sistem penggajian yang mereka terima mulai dari Rp 200.000 sampai dengan Rp 500.000 per bulan yang pembayarannya pun dirapel setiap 3 atau 4 bulan sekali.

“Pak Erwin, kami kadang bingung dengan kondisi kami sendiri. Beban dan tugas tanggungjawab kami sungguh mulia sebagai pendidik generasi penerus bangsa dan generasi penerus Seluma. Akan tetapi, hingga saat ini apresiasi berupa gaji terhadap kami tak kunjung berubah. Paling kecil kami terima 200 ribu rupiah dan paling tinggi hanya 500 ribu per bulan”, ungkap Darlis di hadapan Erwin Octavian dan puluhan rekannya sesama guru honorer, Selasa (29/9).

Selain itu, Darwis juga mengungkapkan bahwa hingga saat ini dirinya beserta rekan-rekan guru honorer lainnya hanya mendapatkan SK sebagai guru honorer dari Kepala Sekolah, bukan dari Bupati Seluma.

“Hingga saat ini, status kami ini hanya honorer yang SK-nya dari kepala sekolah. Harapan kami untuk pak Erwin, jika nanti terpilih sebagai Bupati Seluma. Mohon kiranya dapat memperjuangkan kesejahteraan kami sebagai guru honorer dan mendapat SK Bupati sebagaimana honorer lainnya yang bertugas di perkantoran pemerintahan”, sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Erwin Octavian menyatakan sikap tegasnya yang akan benar-benar memperjuangkan kesejahteraan guru honorer yang ada di kabupaten Seluma. Dia mengatakan, ini bukan janji semata, namun akan benar-benar dibuktikan, diwujudkan, dan direalisasikan.

“Bapak, ibu, dan rekan-rekan sekalian. Saya memahami dan sangat merasakan kondisi tersebut. Maka dari itu, salah satu program saya yaitu Seluma Melayani, yang di dalamnya juga mencakup tentang bagaiamana melayani keberadaan guru-guru honorer yang ada di Seluma ini. Saya tak ingin berjanji, tapi yakinlah, jika Allah meridhoi perjuangan ini dan saya terpilih sebagai Bupati Seluma, akan saya buktikan bahwa kesejahteraan guru honorer harus berubah. Termasuk SK-nya pun akan kita perjuangkan SK dari Bupati langsung”, jelas Erwin.

Menurut Erwin, sudah sepantasnya guru-guru honorer mendapat apresiasi yang sebanding dan berimbang dengan perjuangannya dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui dunia pendidikan.

“Jikalau memungkinkan, bukan hanya gaji pokok yang kita naikkan. Mungkin akan ada sistem insentif dan bonus kerja lainnya. Mari kita berjuang bersama, sehingga jikalau diridhoi, maka kemenangan pun adalah kemenangan kita bersama”, tutup Erwin.

Dalam pertemuan tersebut, Erwin Octavian didampingi oleh simpatisan dan juga salah seorang anggota DPRD Seluma Neri Gustiani. Para guru honorer pun menyatakan sikap dengan kebulatan tekad untuk mendukung perjuangan Erwin Octavian dan Gustianto dalam kontestasi Pilkada Seluma bulan Desember mendatang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here