Viral Panwas se- Sukaraja Pertemuan Dengan Anak Paslon 02, Bawaslu Seluma Meradang

0

Seluma, Sentralnews.com- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seluma, Yefrizal, SE melalui Komisioner Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Suryadi, M.Ag memastikan akan memberi sanksi kepada pengawas desa dan kecamatan Sukaraja.

Ini atas dugaan tidak lagi netralnya panwas desa dan kecamatan Sukaraja pasca viralnya rekaman adanya pengumpulan seluruh Panwas se Kecamatan Sukaraja oleh Ketua Pemuda Muhamadiyah Seluma, Andri Simbolon yang merupakan anak kandung calon Bupati Seluma nomor urut 2, Edison Simbolon.

“Kita akan sanksi tegas semua, jika memang nanti dari pemeriksaan yang kita lakukan terbukti melanggar. Siapapun itu akan kita sanksi sesuai aturan yang berlaku,” tegas Suryadi, kepada wartawan, Kamis (5/11/2020).

Saat ini telah ada 12 pengawas yang diperiksa kata Suryadi. Rinciannya dua orang Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan 10 orang pengawas desa. Termasuk pemilik rumah tempat dikumpulkannya pengawas se Kecamatan Sukaraja tersebut.

“Untuk hasilnya belum dapat kami sampaikan. Nanti jika semua bukti kami nyatakan cukup dan lengkap barulah kita akan sampaikan,” ujar Suryadi.

Hasil dari pemeriksaan pengawas ini nanti ucap Suryadi, akan diplenokan untuk memutuskan proses perkara dugaan pelanggaran ini. Jika pelanggaran terbukti, baik itu netralitas maupun kode etik maka sanksi akan diterapkan kepada Panwas ini.

“Netralitas itu harga mati bagi penyelenggara pemilu, termasuk kode etik ini. Jadi jika nanti panwas ini terbukti melanggar kita lihat dulu aturan mana yang dilanggar untuk menerapkan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan tersebut,” kata Suryadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here