Bersama Dinas PU SDA Bojonegoro, Satgas TMMD Normalisasi Sungai Ngrancang

0

Bojonegoro, –    Dansatgas TMMD ke- 110 tahun 2021 Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Letkol INF. Bambang Hariyanto turun langsung monitoring kegiatan normalisasi sungai yang dilaksanakan oleh Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangu Desa atau TMMD  di Desa Ngrancang, Kecamatan Tambakrejo. Kegiatan program tersebut, bekerjasama dengan Dinas PU SDA (Sumber Daya Alam) Pemkab Bojonegoro.

Dilokasi, Letkol INF. Bambang Hariyanto bertemu dan berdialog dengan warga setempat, terkait persoalan air yang ada di desa mereka untuk kegiatan pertanian. Sehingga dengan menormalkan kembali sungai ini akan membawa dampak perubahan bagi masyarakat petani saat melakukan proses kegiatan pertanian warga.

Normalisasi sungai penting dilakukan, karena merupakan hal yang sangat vital bagi masyarakat khususnya warga Desa Ngrancang dalam persoalan air pertanian. Jika turun hujan, membuat lahan yang ada di sekitar sungai terendam air, sehingga tanaman padi milik petani mengalami kerusakan akibat banjir luapan sungai.

“Sungai disini dangkal dan tidak bisa menampung air hujan yang sangat deras yang akhirnya meluber ke lahan persawahan milik masyarakat petani setempat,” ungkapnya.

Adanya program normalisasi sungai oleh Pemkab dan Kodim 0813 Bojonegoro melalui kegiatan TMMD ini, diharpakan dapat memberikan manfaat bagi petani desa setempat. Air sungai bisa kembali lancar dan sungai bisa menampung lebih banyak Air, sehingga aktifitas pertanian tidak terganggu dengan adanya air luberan dari sungai.

Penormalisasian sungai Desa Ngrancang ini sepanjang 1.500 meter dan dilaksanakan sesuai jadwal program TMMD dan beruapaya semaksimal mungkin selesai tepat waktu.

Kepada masyarakat, Dansatgas TMMD, berpesan nantinya masyarakat petani Desa Ngrancang dan sekitarnya dapat memanfaatkan hasil dari kegiatan ini terutama sungai yang sudah dinormalisasi.

“Berharap masyarakat menjaga sungai yang sudah di normalisasi dan ketika air sungai sudah mengalir lancar agar petani juga bisa menanam padi dengan baik,” kata Letkol INF. Bambang Hariyanto.

Para Petani menyampaikan rasa terima kasih atas upaya yang dilakukan oleh Pemkab Bojonegoro bersama Satgas TMMD, yang telah normalisasi sungai, karena seringnya terjadi banjir akibat sungai mengalami pendangkalan.

“Jika musim hujan, tanaman kami sering terendam karena air sungai meluap. Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemkab dan TNI Bojonegoro yang sudah berupaya menormalisasi sungai desa kami,” tutur Karos (56) warga Desa Ngrancang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here