Dinas Damkar Bojonegoro Berikan Pelatihan Dasar Penanggulangan Kebakaran

0

BOJONEGORO, –  Bekerjasama antara dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kodim 0813 Bojonegoro, melaksanakan Pembinaan dan Pelatihan dalam rangka Penanggulangan bencana Kebakaran kepada Satuan Linmas (Perlindungan Masyarakat) Desa Ngrancang Kecamatan Tambakrejo, dilokasi berlangsungnya kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 110 tahun 2021 di desa setempat.

Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Gunawan, S.STTP., menyebut bahwa pelatihan  penanggulangan kebakaran tersebut dilaksanakan untuk melatih kepada para Linmas Desa Ngrancang, karena sebagai petugas perlindungan masyarakat tentunya memiliki kinerja yang cakap mampu dan mahir untuk bertugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

“Penyelenggaraan pelatihan penanggulangan kebakaran ini untuk memberikan keahlian dan pembekalan dasar kepada Linmas bagaimana cara pencegahan dan penanggulangan, penyelamatan serta evakuasi kepada korban kebakaran,” ujarnya, Jum’at (19/3/2021).

Diungkapkan juga oleh Kepala Dinas Damkar, bahwa Pelatihan penanggulangan kebakaran ini juga untuk meningkatkan kewaspadaan dini dalam masyarakat dengan terkaitnya kebakaran. Sehingga, dengan pembekalan tersebut dikembangkan melalui pelatihan seperti ini untuk kepentingan masyarakat yang luas.

“Harapan kita dengan adanya pembekalan ini petugas Linmas dapat mengetahui cara penanggulangan kebakaran dan cara memadamkan api akibat kebakaran. Untuk memperkecil terjadinya kebakaran yang besar,” terang Ahmad Gunawan.

Turut hadiri pada kegiatan ini, Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Inf Surahmat, menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini dengan sasaran Linmas, karena sebagai petugas perlindungan masyarakat (linmas) tentunya wajib mengetahui cara penanggulangan bahaya kebakaran. Sehingga, dapat mengetahui dan memiliki keahlian dalam mengoperasikan alat pemadam kebakaran dengan cepat, tepat dan benar.

“Dalam Kegiatan pembekalan penanggulangan kebakaran kali ini melibatkan petugas Linmas desa Ngrancang. Dilakukan, agar Linmas desa memiliki bekal keahlian dalam penanggulangan Bencana kebakaran,” jelas Kapten Inf Surahmat.

Dengan kegiatan pelatihan Penanggulangan kebakaran ini juga diharapkan para anggota Linmas juga bisa meneruskan dan menyampaikan kepada masyarakat dilingkungannya agar memiliki keahlian dasar dalam penanggulangan jika terjadi kebakaran sewaktu-waktu, karena lokasi Desa Ngrancang ini jauh dari Pos Damkar. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here