Menuju Sensus Penduduk 2020, BPS Matangkan Persiapan

0

Bengkulu, Sentralnews.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu terus mematangkan persiapan menuju pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020. Salah satunya dengan menggelar Rapat Teknis Persiapan SP 2020 yang diikuti 129 Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) se-Bengkulu, pada Senin 16 Desember hingga 18 Desember 2019 mendatang.

Menurut Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Dyah Anugrah Kuswardani, rapat koordinasi penanggung jawab tugas KSK di kecamatan bukan pekerjaan yang mudah, karena harus mampu berkordinasi dan berkomunikasi ke semua jajaran, termasuk hingga ke masyarakat. Sehingga rapat koordinasi ini menjadi acuan komitmen bersama untuk mematangkan persiapan menghadapi SP 2020.

“Rakor ini menjadi komitmen, kita memiliki tanggung jawab. Tidak mungkin bekerja sendiri-sendiri. Jaga soliditas di lingkungan masing-masing untuk menuju satu data kependudukan,” Dyah, Senin (16/12) di Hotel Grage Bengkulu.

Apalagi, lanjut Dyah, pentingnya persiapan ini juga didasari pada antisipasi penyalahgunaan data sebab bisa memicu ancaman hukuman dan denda.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto mengatakan pihaknya sangat mendukung Sensus Penduduk 2020, sehingga diharapkan bisa menghasilkan satu data kependudukan.

“Dulu data Dukcapil belum banyak. Sekarang sudah memadai dan kita didorong spirit satu data Indonesia untuk berbagai kebijakan pemerintah,” ungkap Gotri.

Terakhir, Gotri mengungkapkan, data statistik yang dihasilkan BPS tersebut sangat membantu pemerintah dalam melakukan perencanaan dan evaluasi pembangunan. (Lcy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here