PSI Sumsel Siap Jadi Model Pembinaan Atlet Prestasi Cabor Squash di Indonesia

0

Palembang,  Sentralnews.com – Memiliki venue standar internasional di Komplek Jakabaring Sprot City (JSC), Persatuan Squash Indonesia (PSI) diharapkan menjadi contoh atau model pembinaan atlet prestasi untuk cabor Squash lainnya di Indonesia.

Seperti diketahui, meski di masa pandemi Covid-19 dan cabor ini tidak dilaksanakan di PON Papua, namun PSI Sumsel menggelar kondolidasi dan membentuk kepengurusan baru dengan terpilihnya Ir. Agus Darwah, M.Si sebagai Ketua Umum PSI Provinsi Sumsel masa bhakti 2021-2024.

Pelaksanaan Musyawarah Provinsi PSI Sumsel yang dijadwalkan 9-10 Februari digelar di Ruang Rapat Dinas Perkebunan Sumsel ini, dibuka secara langsung oleh Ketua Umum KONI Sumsel H. Hendri Zainuddin yang diwakili Wakil Ketua Umum, Ir. Agung Rahmadi dan didampingi jajaran pengurus KONI Sumsel.

Hadir dalam musprov ini secara virtual Ketua Umum PSI Pusat, Ibu Dr. Hj. Sylviana Murni, SH, M.Si didampingi Ketua Umum PSI Sumsel, H. Fachrurozi Rais beserta jajaran. Kemudian Azim Baidillah dan Hariono Wakabid Organisasi KONI Sumsel, sertaFauzi Wakabid RENA KONI Sumsel.

Ketua Umum PSI Pusat, Dr. Hj. Sylviana Murni, SH, M.Si mengharapkan PSI Sumsel menjadi contoh bagi PSI lainnya yang ada di Indonesia, tetap eksis dan menjalankan pembinaan meski di masa pandemi, dan diharapkan untuk terus membina atlet berprestasi. Sebab, PSI Sumsel memiliki prestasi terbaik dengan meraih perunggu di PON Jabar, 2016 silam.

“PSI Sumsel memiliki prestasi di PON Jabar 2016, hal ini membuktikan pembinaan Squash di Sumsel berasil, meski cabor ini tidak dipertandingkan di PON Papua, tetapi pembinaan PSI Sumsel harus ditingkatkan, dan kami yakin Ketua Umum terpilih, bisa membina dan meningkat prestasi dari tahun sebelumnya dan menjadi contoh bagi PSI lain di Indonesia,” jelasnya, Selasa (10/2/2021).

 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panitia Musprov, Ir. M. Yahya menyampaikan agenda musprov ini adalah tunggal memilih Ketua Umum PSI masa bhakti 2021-2024. (Palembang, 8 Februari 2021)

Dalam Musprov kali ini, terpilih Ir. Agus Darwah, M.Si sebagai Ketua Umum PSI Provinsi Sumsel masa bhakti 2021-2024 yang selanjutnya akan menyusun kepengurusan dalam waktu sesingkat-singkatnya. (Palembang, 8 Februari 2021)

Ketua Umum KONI Sumsel diwakili Wakil Ketua Umum, Ir. Agung Rahmadi memberikan ucapan selamat kepada Ketua Umum terpilih dan untuk segera menyusun kepengurusan untuk melanjutkan pembinaan bagi atlet Sumsel,

“Kami ucapkan selamat kepada bapak Ir. Agus Darwah, M.Si sebagai Ketua Umum PSI Provinsi Sumsel masa bhakti 2021-2024 dan membina atlet Sumsel agar mampu besaing di tingkat nasional dan internasional,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum terpilih Agus Darwani, siap melasanakan amanah dan program Squash KONI Sumsel besinergi sesuai program KONI Sumsel untuk membina atlet berprestasi di Sumsel dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Secara terpisah Kabid Organisasi KONI Sumsel, Dra Wastu Widya mengatakan, meski dalam konidisi Covid-19, PSI telah menggelar konsolidasi kepengurusan, meski sebenarnya konsolidasi dilaksanakan pada 2020, karena Covid-19 maka diundur 2021. Namun tak mengurangi arti dari semangat pembinaan cabor squash.

Menurut Wastu secara prestasi cabor PSI terhitung sebagai penyumbang medali di ajang PON, karena saat mengikuti PON Jabar, atlet PSI Sumsel meraih perunggu.

Meski, sayangnya di Papua, Squash tidak digelar,tetapi hal ini tak mengurangi semangat pembinaan PSI Sumsel yang baru dan akan tetap melakukan pembinaan.

Selain itu, melakukan pembentukan pengurus, diharapkan squash Sumsel juga kondosiliasi membentuk pengcab-pengacab di Sumsel. Sejauh ini, kendala utama adalah venue kabupaten/kota yang masih terbatas. Karena sejauh pembinaan sqaush terpusat di Jakabaring, yang merupakan venue andalan PSI Sumsel.

“Ada Atlet kita yang berkiprah di tingkat nasional, yakni 6 atlet yang kini terus berlatih, kita berharap dan yakin Ketua Umum terpilih bapak Agus Darwani akan memberikan yang terbaik untuk pembinaan atlet beprestasi dari cabor squash,” ujar Wastu.(rilis Humas KONI Sumsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here