Satgas TMMD 110/ Mempawah Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran Hutan

0

Landak – Tingginya ancaman kebakaran hutan atau lahan di kawasan Kecamatan Menyuke termasuk Desa Tolok menjadi perhatian serius dari Satgas TMMD 110/ Kodim 1201 Mempawah-Landak.

Menyikapi ancaman tersebut, Satgas TMMD 110 bersama warga Desa Solok yang tergabung dalam wadah Masyarakat Peduli Hutan menggelar simulasi mengatasi kebakaran hutan. Dengan simulasi tersebut diharapkan masyarakat maupun Satgas menjadi lebih siap dan memiliki strategi jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran lahan atau hutan.

Prada Andrianus, salah seorang anggota Satgas TMMD 110 yang mengikuti simulasi pemadaman api saat kebakaran lahan atau hutan mengungkapkan, kebakaran lahan atau hutan sangat rentan terjadi di wilayah Solok.

“Maka, salah satu program kami adalah bagaimana memberikan pelatihan sekaligus simulasi kepada warga agar bersiap siaga jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran agar tidak meluas,” kata Prada Andrianus, Minggu (15/3).

Dikatakannya, dalam simulasi tersebut, masyarakat tidak hanya praktik di lapangan dengan menyemprotkan air ke titik-titik kebakaran, namun juga diberikan edukasi soal bagaimana mengendalikan kebakaran lahan atau hutan agar tidak meluas.

“Dengan adanya pelatihan atau simulasi ini, kami berharap kebakaran hutan khususnya di Desa Solok dapat segera diantisipasi karena masyarakat sudah memiliki bekal pengetahuan bagaimana mengatasinya,” tandasnya.

Satgas TMMD 110 dari kodim 1201 Mempawah-Landak, Prada Andrianus mengikuti simulasi pemadaman kebakaran hutan atau lahan bersama masyarakat peduli hutan. (pendim1201)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here