Simulasi Penanganan Virus Corona, AP II Bengkulu Waspadai Penumpang dari Batam dan Jakarta

Bengkulu, sentralnews.com- Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Bengkulu, Rabu (12/2) menggelar simulasi penanganan virus corona untuk Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu di Hotel Grage Horizon Bengkulu.

Kepala Kantor KKP Kelas III Bengkulu Rosyid Ridlo Prayogo, SE. MKM mengatakan simulasi ini beeguna untuk menunjukkan kesiapan sekaligus menyegarkan kembali pengetahuan SDM dinas terkait dalam menangani virus corona.

“Kita menyatukan pendapat, saling berkoordinasi bagaimana dalam menangani virus corona yang kemungkinan bisa terjadi. Kita sudah menyiapkan thermal scanner yang bisa mendeteksi, dimana scanner akan berwarna merah bila menangkap orang yang suhu badannya mencapai 38 derajat,” ungkap Rosyid, Rabu (12/2).

Sementara, Plt Executive General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Fatmawati, Drs Sarosa MSi mengatakan saat ini pihaknya mewaspadai penumpang pesawat dari Batam dan Jakarta. Pasalnya Batam dan Jakarta merupakan pintu masuk penumpang dari luar negeri ke Provinsi Bengkulu. Sehingga tidak menutup kemungkinan virus korona dapat dibawa dari dua daerah tersebut.

“Saya meminta seluruh stakeholder transportasi khususnya di sektor udara untuk memerhatikan perkembangan virus korona di Wuhan dan melakukan upaya preventif yang lebih intensif bagi penumpang pesawat dari Batam dan Jakarta,” kata Sarosa

Selain mewaspadai penumpang pesawat dari Batam dan Jakarta, pihaknya juga mewaspadai penumpang dari Palembang Sumatera Selatan. Hal ini mengingat, beberapa maskapai penerbangan juga melayani penerbangan ke bumi sriwijaya ini. Ia mengaku, selain melakukan pemantauan, pihaknya juga telah melakukan pengetatan pemeriksaan penumpang di Bandara melalui pemasangan thermal scanner untuk mendeteksi peningkatan suhu tubuh penumpang yang dipasang pada area kedatangan.

“Setiap penumpang yang baru tiba di Bandara Fatmawati harus melewati thermal scanner untuk mengetahui suhu tubuhnya. Bila suhunya tinggi, maka petugas akan melakukan pemeriksaan lanjutan,” jelasnya.

Selain itu, Ia mengungkapkan pemasangan thermal scanner juga telah dipasang di pintu masuk Internasional Bandara Soekarno Hatta dan Hang Nadim Batam. Sehingga penyebaran virus korona ke daerah juga dapat diantisipasi sejak dini. (Lcy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here