Tentang Usaha Kerajinan Gerabah, Begini Kata Satgas TMMD 110 Bojonegoro

0

Bojonegoro –  Berbagai program kegiatan TMMD, Anggota Satgas TNI manunggal membangun desa (TMMD) ke 110 kodim 0813/Bojonegoro mengunjungi warga yang membuat kerajinan dengan bahan tanah.

 

Dengan menggali potensi di Desa Jatimulyo, ada warga yang membuat kerajinan berupa Pot. “Saya menemukan warga yang membuat kerajinan Pot Grabag dan lainya,” Kata Sertu Edi, Senin (22/2/2021).

 

Dikatakan, kerajinan yang dihasilkan warga setempat ini sangat inovasi dan kreatif untuk memodifikasi yang diproduksi oleh masyarakat. Gerabah selama ini menjadi ikon kerajinan kerakyatan di Jatimulyo. Kerajinan gerabah di Desa Jatimulyo secara umum telah ada sejak dahulu kala dan diwariskan oleh nenek moyang kepada generasi berikutnya dan begitu seterusnya.

 

“Sehingga keterampilan membuat gerabah dapat lestari sampai sekarang.Gerabah dibuat dari satu atau dua jenis tanah liat yang dicampur. Warnanya tidak bening, berpori, dan bersifat menyerap air,” imbuhnya

 

Ia menambahkan, untuk peralatan gerabah cukup banyak akan tetapi untuk pemasangan masih mengunakan cara lama. Sedangkan produk gerabah sendiri di gunakan untuk wadah tirta atau ari-ri, kekeb untuk tempat menghidupkan api yang mana pembuatan produk tersebut yang selama ini menopang kehidupan para perajin. (Pendim 0813)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here