Home Kodim 0813/Bojonegoro Tingkatkan Hasil Pertanian, Personil Satgas TMMD 110 Bojonegoro Laksanakan Komsos

Tingkatkan Hasil Pertanian, Personil Satgas TMMD 110 Bojonegoro Laksanakan Komsos

0
`

BOJONEGORO – Satgas TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-110 Kodim 0813/Bojonegoro, melakukan himbauan dan sosialisasi melalui komunikasi sosial atau komsos terhadap para petani di desa Jatimulyo, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, terkait meningkatkan hasil pertanian ketika pasca panen.

 

Karena sudah menjadi kebiasaan para petani pasca panen mereka sering langsung menjual hasil panen mereka kepada tengkulak, dan tidak mau mengelola dengan baik agar mendapatkan nilai dan hasil yang tinggi saat pasca panen dari menjual hasil pertaniannya.

 

Saat datang ke rumah warga untuk melakukan Komsos seputar pertanian Koptu Puntiono menjelaskan bahwa masyarakat petani jangan tergiur hasil saat panen, namun bagaimana petani bisa mengolah hasil panen ini bisa menjadi mahal harganya sehingga bisa menumbuhkan ekonomi di masyarakat,Sabtu (27/02/2021)

 

“Biasanya petani ini pasca panen padi langsung dijual, sebenarnya petani bisa memprosesnya terlebih dulu dengan cara pengeringan kemudian dilakukan penggilingan untuk menjadi beras baru kemudian bisa dijual sehingga mendapatkan nilai harga yang lebih tinggi,” tutur Koptu Puntiono.

 

Masih menurut Puntiono, para petani harus mulai merubah cara berpikir untuk tidak langsung menjual hasil panen tanaman padi mereka ketika pasca panen,  namun harus mampu mengelola sehingga bisa menghasilkan nilai yang lebih tinggi guna meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya petani. (Pendim 0813)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here