TMMD Kodim Bojonegoro, Wujud Kemanunggalan TNI Dan Rakyat

0

BOJONEGORO, – Letkol Inf Bambang Hariyanto, selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 110 tahun 2021 diwilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (8/3/2021), menyatakan, kegiatan TMMD merupakan wujud manunggalnya TNI dengan masyarakat. Pasalnya, dalam pelaksanaan kegiatan yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Bojonegoro tersebut, personel TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD tinggal dirumah rumah penduduk.

Tahun ini, kegiatan operasi bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama instansi terkait beserta elemen masyarakat mengerjakan pembangunan fisik dan non fisik seperti perehaban ruang kelas gedung sekolah dasar, rehab rumah tidak layak huni, pengaspalan jalan, normalisasi sungai dan pembuatan saluran drainase.

“Program ini dalam rangka membantu pemerintah daerah, untuk peningkatan akselerasi pembangunan wilayah. Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang berada di daerah terisolir, tertinggal dan wilayah perbatasan,” ujarnya.

Pelaksanaan TMMD tahun ini dalam situasi pandemi covid-19, sehingga pelaksanaan program yang berlangsung hingga 31 Maret 2021 mendatang juga dimanfaatkan dengan kegiatan non fisik seperti penyuluhan-penyuluhan atau sosialisasi-sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 antara lain adanya sosialisasi tentang menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta penerapan disiplin protokol kesehatan.

Guna mensukseskan kegiatan ini, sebanyak 110 personel BKO dari TNI AD, AL dan AU diterjunkan pada kegiatan yang berlangsung di dua desa diwilayah Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro, Jawa Timur, yaitu di Desa Ngrancang dan Desa Jatimulyo.

“Selain itu juga ada tim khusus diterjunkan seperti tim Bintal, teknisi, Denkesyah jajaran Korem 082/CPYJ,” tambah Dansatgas.

Harapanya, adanya kegiatan dengan tema ‘TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri’ dapat mendukung pemerintah daerah dalam percepatan dan pemerataan pembangunan wilayah.

“Tujuanya untuk mewujudkan ketahanan wilayah, sekaligus juga untuk merawat dan meningkatkan kemanunggalan TNI-rakyat sehingga makin kokoh,” pungkas Letkol Inf Bambang Hariyanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here