Helmi Hasan Unggul dalam Elektabilitas, Rohidin Mersyah Tetap Populer Menurut Survei di Bengkulu

Bengkulu, Sentralnews.com РMenjelang pendaftaran Pencalonan pemilihan gubernur di Provinsi Bengkulu tahun 2024, hasil survei terkini menyoroti persaingan antara  Gubernur Petahana, Rohidin Mersyah dari Partai Golkar, dan Bakal Calon Tantangannya, Helmi Hasan dari Partai PAN. Survei yang dilakukan oleh Media Survei Center Indonesia mengungkapkan dinamika menarik dalam preferensi pemilih serta popularitas kedua tokoh tersebut.

Menurut survei yang melibatkan 1.200 responden, Helmi Hasan, dengan 50,2 persen dukungan, unggul atas Rohidin Mersyah yang mendapat 41,2 persen dukungan. Meskipun demikian, Rohidin Mersyah tetap mempertahankan popularitasnya, dengan 94,9 persen responden mengenalnya, sedangkan Helmi Hasan dikenal oleh 85,4 persen responden.

Alasan utama dua nama diatas lebih tinggi secara survey karena diminati pemilih termasuk kinerja baik (33,7 persen), pengalaman (18,8 persen), perhatian terhadap rakyat (6,4 persen), dan karakter pribadi yang menarik (6,2 persen) dan berbagai faktor lain yang secara persentasi masih dibawah 5 persen, dan  sejumlah responden yang belum memberikan pilihan, menciptakan potensi perubahan dalam dinamika politik Bengkulu.

Selain itu, survei juga menyoroti bahwa mantan walikota Bengkulu dua periode ini, Helmi Hasan, dianggap paling cocok untuk memimpin provinsi Bengkulu mendatang, dengan 29,3 persen dukungan, sementara Rohidin Mersyah mendapat 19,2 persen. Namun, ada sebagian besar responden, yakni 37,6 persen, yang belum menentukan pilihannya.