Aksi ke-6 Konvergensi Penurunan Stunting di Seluma

0

Seluma, Sentralnews.com – Pemerintah Kabupaten Seluma terus berupaya mewujudkan “Seluma Bebas Stunting”. Hal ini ditunjukkan dengan konsistensinya dalam merealisasikan 8 (Delapan) Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Seluma.

Pada hari Jumat, 2 Oktober 2021 Aksi ke-6 pun dilakukan. Penanggungjawab kegiatan tersebut adalah Bappeda Kabupaten Seluma dengan tema Perbaikan Sistem Manajemen Data.

Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan dari setiap OPD yang ada di lingkungan pemerintah Kabupaten Seluma, khususnya yang berkaitan dengan stunting.

Salah satu peserta yang hadir, Reza Ade Putri perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma mengatakan bahwa Aksi ke-6 bertujuan untuk meningkatkan kualitas sistem manajemen data mengenai stunting yang ada di Kabupaten Seluma.

“Perbaikan sistem manajemen data stunting ini sangat penting, tujuannya adalah untuk menyediakan akses data dalam pengelolaan program pencegahan dan penurunan stunting yang terintegrasi”, tutur Reza.

Selain itu, lanjut Reza, manajemen data stunting yang baik juga bermanfaat bagi pemerintag untuk menyusun kebijakan yang tepat sasaran dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Seluma.

“Jadi, perbaikan sistem manajemen data ini bukan untuk menggantikan sistem yang lama. Akan tetapi untuk memperkuat sistem manajemen data yang sudah ada di setiap OPD”, imbuhnya.

Ada empat tahapan yang dalam proses perbaikan sistem manajemen data stunting yakni:

Tahap 1: Identifikasi Kebutuhan dan Kesenjangan Data.
Tahap 2: Penilaian Sistem Manajemen Data Saat Ini.
Tahap 3: Menyusun Rencana Tindak Lanjut Perbaikan Sistem Data.
Tahap 4: Melakukan Review Terhadap Perbaikan dan Pemanfaatan Sistem Data.

(C15)