Desa Cugung Lalang Kepahiang Dapatkan Pupuk Organik Program Ketahanan Pangan DD 2022

Kepahiang, SentralNews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Cugung Lalang Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang mendapatkan 20% ketahanan pangan dari pemerintah Kabupaten Kepahiang berupa pupuk organik yang akan direalisasikan kan kepada 200 Kepala Keluarga (KK) yang masing-masing penerima akan mendapat kurang lebih 80 KG pupuk, Rabu (19/10/2022).

Ketahanan pangan berupa pupuk tersebut dialokasikan dari sumber Dana Desa (DD) tahun 2022 tersebut sudah dimusyawarahkan bersama melalui Musyawarah Desa (Musdes) dan sudah disepakati.

Desa Cugung Lalang Mendapatkan Pupuk Organik, Program Ketahanan Pangan DD 2022
mengingat wilayah desa cugung lalang pada umumnya masyarakat sekitar adalah petani atau pekebun. Maka dari itu hasil dari kesepakatan memilih pupuk sebagai ketahanan pangan adalah salah satu untuk membantu para petani untuk meningkatkan hasil panen warga desa dan kesuburan tanaman sayur- sayuran dan pala wija.

Kepala Desa Cugung Lalang, Edi Sugianto menjelaskan tentang pentingnya program ketahanan pangan ini dikarenakan bermanfaat bagi masyarakat desa Cugung Lalang yang umum nya adalah petani.

“Karena tanaman sekarang ini tanpa menggunakan pupuk efek nya akan terlihat seperti pertumbuhan yang kurang subur mau pun terkait soal panen yang kurang maksimal, mudah-mudahan masyarakat desa Cugung Lalang ini bisa manfaatkan dengan baik dan benar sehingga masyarakat bisa menuai hasil yang memuaskan,” Ungkapnya.

Kemudian Edi Sugianto berharap ditahun 2023 nanti program ini tetap berlanjut dan akan dianggarkan melalui alokasi dana desa.

“Mudah-mudahan ditahun 2023 ini tetap akan berlanjut program ketahanpanganan yang bisa pemerintah desa anggarkan melalui alokasi dari Dana Desa (DD) karna program ini terlihat bermanfaat sekali bagi masyarakat desa Cugung Lalang.  Masyarakat berharap nantinya di tahun 2023 ini bisa jadi program ketahan pangan akan kita jadikan program prioritas desa. (Adv)