Dinas PMD Gelar Sosialisasi Penguatan KPMD

0

Bengkulu,  Sentralnews.com- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)  menggelar sosialisasi Fasilitas Penguatan KPMD tahun 2020 dengan mengusung tema Optimalisasi Peran Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Desa Maju di Hotel Rafflesia Pantai Panjang, Bengkulu, Minggu (15/3).

Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu, Syahroni mengatakan Kader PMD ini nantinya diharapkan mampu menjadi pendamping yang baik dimasyarakat desa serta menjadi inisiator didalam kegiatan kegiatan yang dilakulan Pemerintah Desa.

“Jadi kita ini sedang memperkuat kader-kader desa, yang kita miliki kurang lebih ada 5000 kader karena perdesa ada sekitar 5 orang, itu yang harus kita perkuat dibawah agar pelaksanaan pembangunan di masyarakat Desa itu bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Syahroni juga mengatakan Kader PMD sudah dibentuk sejak lama namun untuk mendapatkan pengetahuan seperti sosialisasi seperti ini sangat jarang dan ini merupakan momentum untuk memperkuat kembali  jaringan (KaderPMD) kita yang ada di desa-desa.

Sementara, Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Kawasan PMD Provinsi Bengkulu Pisdi juga menambahkan, Kader PMD sudah dilindungi dalam undang-undang tidak ada kekhawatiran untuk status Kader PMD. Dan diharapkan, pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bengkulu untuk menggelar kegiatan serupa guna mematangkan SDM Kader-kader PMD didalam mendukung kinerja Pemerintahan Desa.

“Pelatihan ini memang bertujuan mensejahterakan dan memakmurkan seluruh desa dan ini dijamin dan dilindungi UU, pelatihan ini bukan hanya Pemerintah Provinsi saja tetapi ini adalah tanggung jawab pemerintah Kabupaten/kota juga karena ini amanat dari UU,  sebagian ada beberapa desa belum memahami tugas dan fungsi dia dirunjuk menjadi KPMD di desa desa dan juga jelas 80 orang dari Kabupaten Kota,” pungkasnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here