Dinkes Beri Himbauan, Varian Omicron Sudah Masuk Bengkulu

Bengkulu,SentralNews.com – ┬áDinas Kesehatan Provinsi Bengkulu gelar Konferensi Pers umumkan virus Covid-19 varian Omicron sudah terdeteksi di Bengkulu, Rabu (9/2/2022).

Dalam konferensi pers, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni menyampaikan sesuai dengan hasil swab yang diterima dari Litbangkes Kemenkes dan terdapat 5 orang yang dinyatakan terdeteksi. 5 sampel yang diterima selasa 8 februari 2022, diantaranya 3 orang positif Omicron.

“Salah satu kasus, merupakan Ibu Rumah Tangga (IRT) warga kota bengkulu yang terdeteksi omicron, dan 2 orang lagi adalah ASN vertikal yang dinas di Bengkulu,” jelas Herwan.

Varian omicron ini memiliki gejala ringan dan penyebarannya 4 kali lebih cepat dari varian delta.

“Dari laporan yang sudah kami dapatkan benar bahwa mulai dari tanggal 8 februari 2022, omicron sudah masuk bengkulu,” ujarnya.

Dinas Kesehatan juga memberi himbauan kepada masyarakat agar untuk selalu menerapkan Protokol kesehatan dan membatasi kegiatan di luar rumah.

“Kami juga menghimbau masyarakat bengkulu untuk yang masih rendah cakupannya di provinsi bengkulu, agar segera warganya untuk divaksin,” tambahnya lagi.

Berikut hasil sampel dari Litbangkes Kemenkes:

1. Perempuan, usia 22 tahun , asal Tangerang, merupakan ASN Vertikal di Kota Bengkulu, hasil sampel negatif Omicron.

2. Laki-laki, usia 20 tahun, asal Jawa Barat, merupakan ASN Vertikal di Kota Bengkulu, hasil sampel negatif Omicron.

3. Perempuan, usia 34 tahun, Ibu Rumah Tangga , asal Kota Bengkulu, riwayat perjalanan Jakarta, kontak erat dengan konfirmasi covid-19 dari Jakarta.

4. Perempuan, usia 22 tahun 7 bulan , ASN Vertikal di Kota Bengkulu, asal Tangerang Selatan , kontak erat konfirmasi dari jakarta.

5. Laki-laki, 54 tahun, merupakan ASN Vertikal di Kota Bengkulu , memiliki gejala, asal Bogor.

Saat ini, dari ketiga pasien yang terkonfirmasi varian omicron, sudah melakukan isolasi dan perawatan mandiri. (Ta)