Disperindagkop Gelar Bimtek Pemasaran dan Pembukuan

0

Kalimantan Utara, sentralnews.com – Pemasaran dan pembukuan memegang peranan penting dalam suatu usaha, baik mikro maupun makro. Pengetahuan tentang keduanya ini perlu dimiliki bagi para pelaku usaha/UMKM agar dapat mengukur keberhasilan kinerja usahanya.

Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut, Disperindagkop (Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah) Provinsi Kalimantan Utara menggelar pelatihan yang ditujukan kepada para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Bulungan.

Materi yang diberikan pada pelatihan yang digelar mulai tanggal 22-24 September 2021 ini antara lain; strategi pemasaran, pembukuan dan laporan keuangan sederhana.

Pada sambutannya, Plt Kepala Disperindagkop Asriyani mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi di bidang pengelolaan administrasi keuangan dan memberikan pemahaman mengenai strategi pemasaran produk.

“Pembukan dan pelaporan itu sangat penting, ketika pembukuan dan pelaporannya itu tidak sinkron, maka teman-teman pelaku usaha nanti akan kesulitan melihat keuntungan dan modal,” kata Asriyani di aula DPMD Kabupaten Bulungan.

Dengan memberikan edukasi tentang metode keuangan yang sederhana dinilai mampu memudahkan pelaku usaha melakukan pencatatan hasil usahanya.

Selanjutnya, ia juga mengajak para peserta untuk dapat memetakan produk apa saja yang diminati dan menjadi trend di masyarakat. Hal ini sebagai bagian dari strategi pemasaran.

“Kita lihat yang menjadi kebutuhan masyarakat. Bukan keinginan kita. Kita belajar melihat khas dari daerah yang menjadi target pasar kita, agar produk kita mudah diterima di pasaran,” terangnya.

Selain teknik pengemasan yang unik agar menarik minat konsumen, ia juga mengingatkan para pelaku usaha untuk selalu berinovasi. Menjalin kerjasama dengan sesama pelaku usaha, bertukar informasi dan pengetahuan sehingga produk UMKM Kaltara memiliki ciri khas yang berbeda dari daerah lain.

“Kita harus bisa melihat potensi apa yang dapat menjadi produk unggulan Kaltara. Semua mungkin punya potensi, kita pilih satu atau dua produk yang bisa mengangkat nama daerah,” imbuhnya.

Kegiatan pelatihan ini juga melibatkan Dekranasda Kaltara, TP-PKK Kaltara dan Kabupaten Bulungan untuk bersinergi mewujudkan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur menuju Kaltara yang berubah, maju, dan sejahtera. (AS).