Feby Deru Resmikan POCADI Bandara SMB II

0

Palembang,SentralNews.com – Ketua TP PKK Prov Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru meresmikan Pojok Baca Digital (POCADI) Bandara SMB II Palembang, Kamis (1/4/2021).

“Kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat, saya bangga akan hal ini, TP PKK juga sedang menggalakkan POCADI di semua tempat di seluruh daerah di Sumsel dari Provinsi hingga desa dan kelurahan,” katanya

Menurut Feby, POCADI bisa didirikan dimana saja tidak harus di gedung, yang penting setiap pojok baca harus bermanfaat bagi masyarakat terutama anak-anak terutama dalam hal ini bagi penumpang SMB II.

“Adanya POCADI di SMB II, dapat menjadikan anak-anak tidak bosan menunggu bila ada keadaan tertentu yang menyebabkan delay dalam penerbangan. Selain itu, dengan membaca, kita dapat mengupdate informasi yang ada selain itu membaca juga dapat meningkatkan daya ingat,” ujarnya.

POCADI telah dilaksanakan di kab/kota yang ada melalui kerjasama perpustakaan daerah. Feby, katakan POCADI tidak semua tersedia dalam bentuk digital tergantung kesiapan wilayah masing-masing.

“Jadi yang penting bagaimana cara membuat POCADI disukai semua kalangan masyarakat. Tidak harus digedung, tapi bisa saja di bawah pohon, teras rumah, atau rumah masyarakat yang mau membantu peningkatan budaya literasi masyarakat,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana sekaligus Kadis Perpustakaan Sumsel, Fitriana, S. Sos, M.Si., mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan dan pengembangan budaya literasi Sumsel dan sikap gemar membaca dengan cara menyiapkan sarana prasarana perpustakaan digital khususnya penggunan Bandara SMB II.

Selain itu, juga sebagai bentuk sinergi BUMN, BUMD, dan swasta dengan Pemprov Sumsel dalam rangka meningkatkan indeks literasi masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk meningkatakan kegemaran literasi. Sarana prasarana pojok digital disediakan secara digital dan buku cetak.

“Kegiatan ini terlaksana atas sinergi Pemprov Sumsel dan dispustaka dan angkasa pura. Angkasa pura menyediakan fasilitas tempat dan internet gratis, kemudian Pemprov sumsel juga menyediajan pojok digital. Pak Gubernur juga memberikan bantuan pojok baca untuk 17 kab/kota sebagai salah satu program unggulan Gubernur HD,” katanya

Sementara itu, Eksekutif GM Pimpinan PT Angkasa Pura II, Krat Tomi Arisdianto, katakan POCADO adalah cara mengedukasi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan memberika akses informasi bagi penumpang terutama bagi pengguna SMB II dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat

Dalam kesempatan itu, secara virtual Ketua Perpustakaan Nasional, turut memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam rangka peningkatan budaya literasi masyarakat melalui penempatan pojok baca di ruang publik di SMB II.

“Semoga sinergi antar pemeritnah pusat, pemda, BUMn mendorong keberhasioaj peningkatan indeks literasi masyarakat,” tutupnya

Turut hadir Ketua Komisi V Anggota DPRD Sumsel, Susanto Aziz, Ketua TP PKK Sumsel, Hj Febrita Lustia Herman Deru, dan Para Kepala OPD Prov Sumsel. (Adv/Daeng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here