Galakkan Donor Darah, Bentuk Kepedulian BPJAMSOSTEK Kacab Bengkulu ditengah pandemi Covid-19

0

Bengkulu, Sentralnews.com – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Bengkulu menyelenggarakan kegiatan donor darah, Sabtu (21/8).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh BPJAMSOSTEK di Kantor Wilayah Sumbagsel dan seluruh Kantor Cabang Jajarannya termasuk Kantor Cabang Bengkulu di dalamnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program “Vaksinasi dan Donor Darah Bersama BPJAMSOSTEK” yang diinisiasi untuk mendukung program pemerintah dalam pengentasan Covid-19.

Deputi Direktur Wilayah Sumbagsel, Surya Rizal menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk percepatan herd immunity atau kekebalan komunal, sehingga dapat segera mengembalikan produktivitas.

“Kegiatan donor darah diselenggarakan di seluruh unit kerja Jajaran Sumbagsel dengan jumlah total pendonor sebanyak 161 orang, dan kami laksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan vaksin,” ujar Surya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pihaknya selaku insan BPJAMSOSTEK untuk berbagi kepada sesama.

“Semoga dengan darah yang didonorkan ini mampu memberikan kehidupan baru kepada mereka yang menerima donor,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Surya juga mengingatkan kembali pentingnya menjadi peserta BPJAMSOSTEK, selain mendapatkan perlindungan kerja, tentunya banyak manfaat tambahan yang akan diberikan kepada peserta salah satunya seperti program yang dilaksanakan ini.

“Kami juga berharap dengan kegiatan hari ini dapat membantu para pekerja di Sumbagsel agar dapat segera kembali beraktivitas dengan produktif, dan meningkatkan perekonomian di Indonesia, khususnya di Sumbagsel,” tutup Surya.

Dilain sisi, Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bengkulu, M. Nuh menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan bentuk kepedulian BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bengkulu untuk berkontribusi dalam mendukung program Pemerintah pada masa Pandemi Covid-19 dengan cara membantu menyediakan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI).

“Kami menargetkan sekitar 10 kantong darah. Kalau lebih justru lebih baik,” ujar Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bengkulu.

M. Nuh juga menjelaskan bahwa sebelum menjadi calon pendonor, para peserta telah melalui tahapan skrining guna mengetahui perkembangan kesehatan mereka sehingga proses donor dapat berlangsung dengan aman dan sehat.

Apresiasi juga disampaikan Muhammad Yancik selaku petugas PMI Bengkulu untuk seluruh pegawai BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bengkulu yang telah bersedia berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut.

Ia berharap kegiatan ini bisa diteruskan dan menjadi contoh bagi masyarakat untuk menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat serta menjadi momentum penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

”Sebagai bentuk apresiasi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pegawai BPJAMSOSTEK Bengkulu atas kesediaannya mendonorkan darah ditengah pandemi COVID-19,” tuturnya.