Gubernur Kaltara Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar Lama

0

Kalimantan Utara, sentral news.com – Musibah kebakaran yang menimpa dua kelurahan di Pasar Lama Kabupaten Nunukan menyita perhatian semua pihak. Termasuk Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal A. Paliwang.

Didampingi Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, Gubernur Zainal meninjau lokasi kebakaran yang beralamat di Jalan Yos Sudarso itu, sekitar pukul 15.30 WITA, Selasa (23/3),

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 01.15 hingga 04.30 dini hari tadi. Akibatnya, 20 kepala keluarga (KK) dari delapan bangunan di Pasar Lama kehilangan tempat tinggal. Termasuk 12 toko usaha jual beli serta 4 gudang ludes dilahap si jago merah.

Sebagai bentuk keprihatinan, Gubernur Zainal pada siang hari ini menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada korban kebakaran.

“Semoga bantuan ini dapat mengurangi beban para korban, dan membangkitkan kembali semangat korban yang tertimpa musibah ini,” harap Gubernur Zainal.

Setiap kepala keluarga yang menjadi korban musibah menerima bantuan sebesar 10 juta rupiah. “Kita upayakan berikan bantuan sembako juga untuk korban,” katanya.

Mantan Wakapolda Kaltara ini mengaku sempat terkejut mendapatkan kabar tak sedap tersebut.

“Sehingga kita harus langsung bergerak cepat dengan melihat langsung lokasi kebakaran ini, dan berkomunikasi dengan Bupati Nunukan untuk menanggulangi masalah ini dengan cepat,” katanya.

Gubernur Zainal menuturkan Pemprov Kaltara akan terus berkomitmen menanggulangi musibah kebakaran yang kerap terjadi di Bumi Benuanta, yakni dengan memasang pipa air.

“Saya sudah sampaikan ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Kaltara untuk segera melakukan pencegahan lanjutan, kita akan bangun pipa air yang berguna sebagai pencegahan kebakaran di rumah warga,” ujar pria kelahiran Makassar ini.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Zainal mengimbau agar masyarakat Kaltara lebih mawas diri. Gubernur berpesan agar saat meninggalkan rumah dalam waktu lama, saluran listrik harus dimatikan.

Turut hadir bersama rombongan, Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar dan Dandim 0911 Nunukan Letkol Czi Eko Pur Indriyanto mendampingi Gubernur Zainal dalam kegiatan tersebut. (as)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here