HD Dukung ADPMET Wujudkan Transparansi Pengelolaan Hulu Migas Untuk Daerah

0

Palembang,SentralNews.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri rapat kerja nasional (rakernas) dan sosialisasi Hasil Munas dengan tema “Penguatan Daerah Melalui Regulasi dan Dukungan APBN dengan Percepatan Kemandirian Energi Negeri di Era Transisi” .

Kegiatan tersebut, diselenggarakan oleh Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) di Wyndham OPI Hotel Palembang, Kamis (3/6/2021).

HD mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya kegiatan ini dengan Sumsel khususnya di Banyuasin yang dipilih sebagai tuan rumah.HD katakan, terbentuknya organisasi ini sebagai bentuk perhatian kepada daerah-daerah penghasil minyak dan gas dan demi kepentingan daerah itu masing-masing.

Selain itu, Ia berharap adanya organisasi ini akan mendukung Sumsel dalam penerapan Participating Interest (PI), adalah proporsi kepemilikan produksi dan eksplorasi atas suatu wilayah kerja migas.

Participating interest (PI) merupakan keikutsertaan badan usaha termasuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan bentuk usaha tetap dalam pengelolaan hulu migas melalui pengalihan Participating Interest (PI).

Ketupel sekaligus Bupati Banyuasin, H Askolani, SH, MH, ungkapkan bahwa kegiatan pertama ADPMET pasca munas 21 Desember 2020 lalu, sehingga menjadi momen strategis untuk mempromosikan hasil-hasil yang dicapai pada munas lalu dan membedah proker ADPMET 5 tahun mendatang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 2-4 Juni 2021 dengan protokol kesehatan, diikuti 23 daerah dengan delegasi yang hadir baik secara langsung dan virtual.

Kegiatan ini dibuka secara virtual oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. Dan pemaparan hasil Munas IV dan visis Misi ADPMET dan Launching logo ADPMET oleh Gubernur Jabar sekaligus Ketua ADPMET, Dr. H Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D.

Turut hadir Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, 23 kepala daerah se-Indonesia, Kepala Bapenda Sumsel, Dra Hj Neng Muhaiba MM. (Daeng)