HD Kukuhkan Karang Taruna Prov. Sumsel 2020 – 2025

0

Palembang, Sentralnews.com – Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru (HD) menghadiri sekaligus mengukuhkan kepengurusan karang taruna Provinsi Sumsel masa bakti 2020 – 2025 di Griya Agung Palembang, Sabtu (29/5/2021).

Dikesempatan tersebut HD mengatakan bahwa Karang Taruna merupakan organisasi yang kolaboratif, di mana ketua dan anggota kepengurusnya berasal dari berbagai latar belakang dan profesi.

HD juga menyampaikan bahwa organisasi Karang Taruna harus dapat menjadi penyangga bagi organisasi kepemudaan lainnya yang ada di Sumsel, agar dapat menyatukan perbedaan persepsi agar organisasi-organisasi kepemudaan tersebut tidak mudah dipecah belah.

“Karang taruna harus menjadi penyangga kepentingan dari berbagai organisasi kepemudaan lainnya dan menjadi organisasi yang solutif bagi masyarakat dalam menghadapi permasalahan sosial yang ada serta harus dapat menjadi tangga dan harapan bagi masyarakat dalam mencapai cita – cita ke depan,” ucap HD.

Selain itu HD berpesan dalam menjalankan kegiatan sosial Karang Taruna harus mengabaikan perbedaan yang dimiliki agar hal tersebut tidak menjadi penghambat dalam berkegiatan sosial.

Menutup sambutannya HD meminta kepada Karang Taruna untuk dapat berperan dan mengawal setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah seperti program sejuta bola dan implementasi kearifan lokal di setiap bangunan dan acara ceremonial.

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna, Dr. Didik Mukrianto, SH., MH yang juga Anggota DPR RI Komisi III mengatakan bahwa dirinya berharap dengan dikukuhkannya kepengurusan Karang Taruna yang baru di Sumsel akan memberikan komitmen dan spirit kepada semua anggota dalam mengurai permasalahan sosial di Sumsel.

“Pengukuhan menjadi kegiatan penting, momentum ini akan menguatkan Karang Taruna untuk terus memberikan karya bakti kepada Sumsel serta mengurai permasalahan sosial yang dihadapi,” ucapnya.

Selain itu Ia juga menyampaikan bahwa ada tiga hal penting yang harus dilakukan oleh Karang Taruna yaitu mampu mengkokohkan peran sosialnya di tengah masyarakat dalam melawan kemiskinan.

Mampu berperan dalam penguatan ekonomi sosial dan Mampu memerankan diri sebagai penjaga moral dan prilaku generasi muda penerus bangsa.

Turut hadir Wakil Ketua Karang Taruna Nasional, Wahyu Sanjaya, Ketua DPRD Prov. Sumsel, Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH, Ketua Umum Karang Taruna Prov. Sumsel, Yuda Novahza Utama, Para Bupati/Walikota yang hadir serta Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel/toeb)