HD Resmi Buka PTQ RRI Tingkat Nasional Ke-51 di Sumsel

0

Palembang, Sentralnews.com – Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) selaras dengan program-program Pemprov Sumsel yang berusaha menyeimbangkan pembangunan infrastruktur dan pembangunan nilai-nilai spiritual di masyarakat.Sabtu, 1 Mei 2021

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumsel H Herman Deru saat membuka PTQ RRI Ke-51 tingkat nasional di Pendopoan Griya Agung Palembang, Sabtu (1/5/2021).

Hari ini masyarakat Sumsel bersyukur dan berbahagia menjadi tuan rumah PTQ, seyogyanya kegiatan ini terlaksana ditahun kemarin.

“Ini merupakan perhelatan yang sangat membuat bangga masyarakat Sumsel dengan mayoritas penganut agama islam,” ujarnya.

Lanjut HD, Ada program 1 desa 1 rumah tahfidz yang telah melampaui target pendiriannya yaitu 3.500 rumah tahfidz, namun penyebarannya belum merata.

Oleh sebab itu, HD berharap pelaksanaan PTQ di Sumsel akan membantu penyebaran rumah Tahfidz menjadi lebih merata.

Rumah Tahfidz diharapkan menjadi wahana untuk menghilangkan buta aksara Al-Quran, menguatkan nilai keimanan, ketakwaan bahkan akhlak generasi mendatang. Yang kita harapkan kita dapatkan bukan hanya kuantitas tetapi juga kualitasnya.

“Ini pertama kali PTQ dilaksanakan di Palembang sejak 51 kali penyelenggaraannya. Maka ini menjadi tanggung jawab moril bagi Sumsel,” katanya.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A., ungkapkan bahwa pertama kali PTQ dilaksanakan atas kerjasama RRI dan Kemenag RI, sebagai langkah menegakan syiar islam dan Al-Quran melalui PTQ ini.

Meskipun ditengah pandemi covid-19, dengan penerapan prokes kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik. Apresiasi kepada Gubernur Sumsel beserta jajaran.

“Saya berharap PTQ dapat meningkatkan kesadaran moderasi untuk memperkuat konektivitas agama yang sangat perlu dipelihara di seluruh Indonesia,” katanya.

Kegiatan diikuti oleh total 198 peserta dari 17 koordinator daerah RRI seluruh Indonesia. Seluruh peserta adalah juara PTQ di wilayahnya masing-masing.

Ia berharap segenap peserta menjadikan PTQ ini sebagai cara untuk memuliakan Al-Quran bukan untuk tujuan lainnya.

Dirut LPL RRI, M. Rohanudin, katakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 130 orang peserta tilawah, 34 peserta tausiah, 34 peserta tahfidz 15 juz dari seluruh Indonesia. Dan disiarkan melalui RRI di seluruh Indonesia.

“Semua orang-orang terpilih ini berlomba di Kota Palembang menandakan Palembang, Sumsel menjadi pusat pertumbuhan Al-Qur’an yang dimana PTQ hadir untuk kebanggaan Indonesia,” ujarnya

Sebelum PTQ RRI telah mengadakan lomba-lomba tilawah. PTQ berbeda MTQ, PTQ selalu dilaksanakan pada saat bulan ramadan, karena filosofi nuzulul quran dijadikan acuan.

Dilakukan untuk merekatkan rohani keislaman kepada seluruh masyarakat Indonesia rri bertanggung jawba mencerdaskan bangsa, salah satunya melalui yang berkaitan Al-Quran.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan Pengukuhan dewan hakim PTQ ke 51 di Palembang oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A.

Turut hadir Anggota DPR RI, Hj Percha Leanpuri, B.Bus., M.B.A., Para Bupati/Walikota Se Sumsel, Sekda Prov Sumsel, H Nasrun Umar, Para Kepala OPD Prov Sumsel. (Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel/toeb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here