Kodim 0721/Blora Gelar Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial

BLORA,SENTRALNEWS.COM –¬† Kodim 0721/Blora menggelar dialog pembinaan komunikasi cegah konflik sosial di wilayah Kodim 0721/Blora bertempat di Aula Makodim Blora, Jl. Pemuda No. 44 Blora, Senin (27/2/2023).

Dengan mengusung tema ‚ÄúSinergitas Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial”, kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai unsur masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat di Blora .

Dialog sosial tersebut juga menghadirkan beberapa narasumber antara lain Pabandya-1/Renproggar Spaban I/Sintelad Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, S.E., M.I.P dan Ka Kesbangpol Kab. Blora diwakili Bapak M. Iskak, S.IP., M.Si.

Dalam paparannya, Letkol Arh Sony Sonatha mengungkapkan, dalam menghadapi munculnya potensi suatu konflik, perlu adanya pemahaman situasi secara global.

“Diperlukan langkah-langkah preventif yang baik dan bijaksana dari seluruh pihak untuk mencegah terjadinya konflik sosial di masyarakat, sehingga diharapkan stabilitas keamanan yang kondusif tetap terjaga,” ujarnya.

Sementara itu Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr (Han) mengatakan, berbagai konflik yang telah terjadi perlu kiranya menjadi pembelajaran kedepan, untuk mencegah potensi kembali terjadi di masa akan datang.

“Kami berharap dengan adanya dialog serta komunikasi yang berkelanjutan seperti ini dapat meningkatkan kerjasama dan sinergitas yang baik dengan seluruh elemen masyarakat untuk mencegah terjadinya provokasi dan konflik sosial,”ungkapnya.

Lebih lanjut Dandim juga mengajak seluruh komponen untuk berperan aktif dalam mencegah kemungkinan adanya potensi konflik sosial yang mungkin terjadi di wilayah kabupaten Blora.

“Marilah dalam berbagai situasi dan kondisi, kita semua berperan aktif dalam mencegah potensi terjadinya konflik sosial secara luas, sehingga keutuhan dan kesatuan negara kesatuan republik Indonesia tetap terjaga,” tandasnya.

Doni Kurniawan