Pasca Pengunduran Diri Zulki Maulub, Kini Herwan Antoni Jabat Plt. Direktur M. Yunus

Bengkulu, SentralNews.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni ditunjuk sebagai Plt. Direktur RSDU. M.Yunus Bengkulu memimpin sementara dikarenakan, dr. Zulki Maulub Ritonga yang sebelumnya merupakan Direktur RSUD M.Yunus mengumumkan bahwa telah mengundurkan diri. Penyerahan Surat Perintah Pelaksana Tugas Direktur RSUD M.Yunus yang dilakukan Gedung RSUD M.Yunus, Kamis (10/6/2021).

Dalam sambutan sekaligus ucapan terimakasih dan perpisahan dengan staf-staf RSUD M.Yunus, dr. Zulki Maulub menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya akan kinerja dan kerjasama selama dia menjabat sebagai Direktur RSUD M.Yunus Bengkulu.

“Saya mengucapkan Terimakasih Banyak kepada Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah telah menerima saya untuk mundur dari jabatan sebagai Direktur RS M.yunus, saya hanya sebagai manusia, banyak yang saya cita-citakan untuk melakukan perubahan,mulai dari perbaikan manajemen keuangan, perbaikan sarana dan prasarana,bahkan tujuh aturan yang sudah ada saya laksanakan sebaik-baiknya,” ujar Zulki dalam sambutannya.

Ia juga meminta untuk pelaksana tugas yang terpilih, Herwan Antoni untuk lebih baik lagi dan memperbaiki kekurangan yang ada di RSUD M.Yunus, dan meminta untuk memfungsikan gedung-gedung RS yang terbengkalai.

Zulki Maulub Sudah berada di RSUD M.Yunus Bengkulu selama 6 Tahun, dan menjabat sebagai Direktur 4,5 Tahun lamanya. Ia mengungkapkan alasannya dikarenakan sudah merasa dititik keterbatasannya dalam berusaha memperbaiki M.Yunus semampu mungkin, dan ingin fokus menjadi Spesialis Anastesi.

“Pertama, sudah merasa kita dititik puncak keterbatasan kita untuk memperbaiki RS ini, saya bersyukur sudah mencapai keinginan saya untuk mundur karena sudah lama juga saya Sampaikan. Faktor kemunduran itu banyak, beratnya di RS itu memiliki sistem, kalau sistem ini tidak bisa Diperbaiki ya lebih baik kita mundur, mungkin ada orang yang lebih baik untuk memperbaikinya. Jadi ya itu mungkin memang sudah waktunya untuk mundur, dan saya lebih nyaman untuk fokus ke spesialis saya,” ungkap Zulki.

Sebagai pelaksana tugas, Herwan Antoni juga siap menjalankan Surat Kuasa yang diberikan langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Ia mengatakan, untuk kinerja PSDM di RSUD M.Yunus siap melakukan pengawasan kinerja Masing-masing dan memonitor pelayanan lebih baik lagi di RSUD M.Yunus Bengkulu.

“Ditugaskan sebagai Pelaksana Tugas Direktur RSUD M.Yunus sesuai SK Gubernur Bengkulu, dan tentu butuh dukungan penuh terutama dari jajaran RS M.Yunus Bengkulu. Pelayanan suda Hcukup bagus, tinggal perbaikan-perbaikan saja, ada hal-hal tertentu selama ini masih mendapat keluhan-keluhan masyarakat yang dibenahi secara pelan-pelan, perbaikannya mungkin secara bertahap. Bagaimana PSDM yang ada juga berbagai macam bidang dan itu kita satukan, satu tujuan satu arah, melaksanakan tugas masing-masing,” jelas Herwan Antoni.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri juga mengatakan penyerahan Surat Tugas ini ia berharap RSUD M.Yunus Bengkulu dalam 3 bulan kedepan bisa lebih baik lagi.

“Saya hanya menindaklanjuti atas permohonan diri dari pak direktur, dan Gubernur juga mengatakan kalau pak direktur sudah ikhlas mengundurkan diri, maka disetujui pak gubernur. Dan ini kita tindaklanjuti,dan kita menunjuk pelaksana tugas. Karena belum bisa langsung diganti,karena proses pergantian Direktur itu kan dibutuhkan dan harus melalui seleksi jabatan pimpinan tinggi pertama, jadi kita tunggu dulu nanti. Untuk sementara ini ditugaskan kepada Kepala Kedinasan karena selama ini ke Dinas Kesehatan. Untuk proses lelangnya kita tunggu saja, kita tunggu selama 3 bulan ini, ” tutup Hamka Sabri. (Ta)