Paskibra Dikukuhkan, Ini Pesan Bupati Erwin

0
Satu per satu anggota Paskibra mencium bendera Merah Putih usai mengucapkan ikrar.

Seluma, Sentralnews.com – Bupati Seluma Erwin Octavian hadir sekaligus menjadi pembina dalam upacara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan bertugas pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tanggal 17 Agustus mendatang.

Ini merupakan pengalaman pertama bagi Erwin Octavian menjadi pembina upacara pengukuhan Paskibra. Ada kesan mendalam yang dirasakannya.

“Upacara tadi sangat khidmat, bukan hanya sekedar semangat nasionalisme yang membara di hati ini. Tapi juga saya rasakan bagaimana kobaran semangat juang para pendahulu kita dalam berjuang merebut kemerdekaan republik ini tempo dulu”, ungkap pria 40 tahun itu usai upacara pengukuhan, Jumat (13/8).

Bupati muda yang akrab disapa Dang Wiwin oleh karib kerabat dan keluarganya itu menyebut generasi saat ini harus mampu bertangunggjawab pada visi kemerdekaan yang telah susah payah diperjuangkan oleh para pahlawan.

“Kita semua harus bergandengan tangan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan. Pertahankan kemerdekaan ini dengan segenap prestasi yang membanggakan daerah dan negara. Terkhusus bagi anak-anak muda Seluma, ading sanakku mila kito semangat memperjuangkan Seluma menjadi lebia alap, kito alapkah tanah air kito, kito wujudkah Seluma ALAP”, tuturnya bercampur dialek khas Serawai.

Bupati Seluma Erwin Octavian bertindak sebagai Pembina Upacara Pengukuhan Paskibra.

Dalam upacara pengukuhan Paskibra yang dipimpin oleh Thesa Trisna Melinda itu, sebagai pembina upacara Erwin berpesan agar nilai-nilai yang tertanam dalam diri masing-masing anggota Paskibra tak boleh terhenti hanya sebatas momentum HUT Kemerdekaan RI saja. Tapi harus terus berlanjut hingga masa yang akan datang.

“Nilai-nilai nasionalisme, patriotisme, dan kepemimpinan itu harus mampu dijiwai dan terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga mampu memberi energi positif dan menjadi contoh serta teladan bagi generasi muda lainnya dan juga masyarakat”, ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Erwin juga memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada seluruh anggota Paskibra yang telah dikukuhkan. Kemudian, Erwin pun juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada segenap pelatih yang terus membimbing, membina, dan melatih seluruh anggota Paskibra.

Thesa Trisna Melinda, siswi SMA 3 Seluma bertindak sebagai Pemimpin Upacara Pengukuhan Paskibra.

Anggota Paskibra yang dikukuhkan berjumlah 36 orang. Terdiri dari 18 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Mereka adalah siswa-siswi yang berasal dari SMA/SMK/MA atau yang sederajat se-Kabupaten Seluma.

Upacara pengukuhan yang berlangsung di Gedung Daerah Serawai Serasan Seijoan itu turut  dihadiri oleh Wakil Bupati Gustianto, Sekda Hadianto, Perwakilan Dandim, Perwakilan Kapolres, dan unsur Forkpimda lainnya serta beberapa pimpinan OPD. (C15)