Perpusda Prov Bengkulu Hadiri Peer Learning Meeting Perpustakaan Nasional RI

Bengkulu, SentralNews.com –  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M. Pd hadir mengikuti Peer Learning Meeting (PLM) Provinsi Tahun 2021 dari Perpustakan Nasional RI yang di laksanakan secara Virtual, Selasa (7/9/2021).

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari Perpustakan Nasional RI Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan, Drs. Deni Kurniadi, M. Hum Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi, M.Pd dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota, Kepala Desa dan Pengelola Perpustakan Desa Mitra Program Se-Provinsi Bengkulu.

Kegiatan di buka oleh Bapak Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan Drs. Deni Kurniadi, M. Hum. Selanjutnya sambutan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu.

“Saat ini kita memiliki program pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dengan program yang sangat luar biasa yaitu 1 Desa 1 Perpustakaan, dan telah berjalan dengan baik serta memberikan dampak yang positif untuk masyarakat Bengkulu”, ujarnya.

Dalam Amanat UU No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan dan UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah serta Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2016 Tentang Organisasi Perangkat Daerah, disebutkan Perpustakaan ditetapkan sebagai urusan Wajib Non Pelayanan Dasar untuk menyediakan layanan yang sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta kebutuhan masyarakat.

Gubernur Provinsi Bengkulu sangat Respon terhadap perkembangan Perpustakaan di Daerah dengan dukungan saat ini telah ada beberapa Regulasi sebagai payung pengembangan Perpustakaan di daerah yaitu:

* PERGUB No: 30 Tahun 2019 tentang Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

*PERGUB No: 43 Tahun 2019 tentang Pengembangan Perpustakaan di Provinsi Bengkulu.

*PERGUB No: 44 Tahun 2019 tentang Pembudayaan Kegemaran Membaca.

“Perlu terus meningkatkan Koordinasi, Konsolidasi, dan kebersamaan untuk menyukseskan program ini, semoga Program ini terus berlanjut dan berkesinambungan. Karena kegiatan ini nyata untuk memberikan kontribusi yang luar biasa kepada bangsa,”tutupnya. (Adv)