Rumah Milik Dua Lansia Di Nganjuk Akhirnya Mendapatkan Bantuan Pembangunan Rumah Dari Sejumlah Donatur

Nganjuk, Sentralnews.com – Memang untuk pembangunan di kabupaten Nganjuk sedang di genjot untuk pembangunan taman kota , fasilitas umum maupun icon kota dan kecamatan di Nganjuk,Namun ternyata masih ada warga yang kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah, salah satunya rumah Jamiyem dan Jaminah.

Kondisi miris yang dialami Jamiyem, 80 tahun dan Jaminah, 76 tahun dua wanita lanjut usia (lansia) asal Dusun Ngawen, Desa Getas, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk telah mengetuk hati para donatur dan dermawan. Rumah tempat tinggal mereka yang reyot akhirnya direhabilitasi agar layak huni, Sabtu( 21/01/2023).

Hamid Effendi, Selaku Aktivis LSM Nganjuk yang juga koordinator donatur bedah rumah kedua lansia tersebut mengatakan, pihaknya merasa bersyukur rumah Mbah Jamiyem dan Mbah Jaminah akhirnya bisa dibangun kembali agar lebih layak ditinggali.

“Alhamdulillah berkat upaya swadaya dari teman-teman donatur Kabupaten Nganjuk, kami bisa sedikit membantu meringankan beban Mbah Jaminah dan Mbah Jamiyem,” ujar Hamid Effendi.

Menurut Hamid, para donatur terketuk hati setelah sebelumnya mengunjungi dan melihat secara langsung kondisi kedua lansia tersebut.

“Keduanya tinggal dalam satu rumah yang kondisinya reyot. Mereka juga sakit-sakitan dan sehari-hari tidur hanya beralaskan tikar,” kata Hamid yang nyentrik dengan topinya.

Rumah dengan ukuran 3×12 meter yang menyatu dengan dapur itu sebagian besar berbahan kayu dan bambu. Kondisinya pun sudah lapuk karena termakan usia dan rawan roboh.

Bahwasanya rumah itu sebelumnya memang pernah mendapat bantuan rehabilitasi dari swadaya masyarakat dan pemerintah desa setempat. Namun karena keterbatasan anggaran maka rehab dilaksanakan seadanya.

“Sebelumnya kami mendatangi langsung rumah kedua lansia ini bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa, dengan membawa bingkisan dan bercengkrama dengan mereka,” imbuh Hamid Effendi.

Sementara itu, setelah menerima bantuan bedah rumah dari para donatur, Mbah Jamiyem dan Mbah Jaminah mengaku sangat terharu dan sangat berterima kasih kepada para donatur,” Ucapnya.

“Matur nuwun sanget, semoga amal baik bapak- apak dibalas oleh Allah SWT,” tutur Jamiyem, salah satu lansia tersebut,” Pungkasnya.

(BW)