Terima Audiensi AMSI, HD : Berita Harus Obejektif, Kedepankan Prinsip Cek dan Ricek

0

Palembang,SentralNews.com –¬†Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) mengajak sejumlah perusahaan media yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sumsel agar mengedepankan profesionalisme dalam bekerja. Profesionalisme tersebut dilakukan dengan menerapkan dan mengedepankan prinsip cek dan ricek dalam pemberitaan dan pengelolaan media massa.

“Saya minta AMSI melakukan edukasi kepada media untuk menghasilkan pemberitaan yang mengendepankan cek dan ricek,” ungkap HD dalam audinsi dengan AMSI di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Rabu (10/3/2021).

Selain mengedepankan prinsip cek dan ricek, pihaknya juga mengajak semua perusahaan yang tergabung dalam AMSI untuk tidak melakukan penggiringan opini yang salah atau tidak benar.

“Jangan sampai menggiring opini yang salah. Harus mengedepankan etika kita sebagai orang Sumsel,” terangnya.

HD penilaian, AMSI sudah memiliki predikat yang belum tercemar dan masih baik dimata masyarakat, untuk itu pihaknya meminta agar predikat baik tersebut harus tetap dipertahankan.

“Pisahkan antara hubungan pribadi dan hubungan pekerjaan. Jangan sampai hubungan pribadi yang kurang baik menghasilkan berita yang buruk karena adanya hubungan yang jelek antar pribadi tersebut. Tetap jaga objektifitas dalam pembuatan berita,” tegas HD.

HD berharap, AMSI dapat memberikan edukasi dan menjadi contoh bagi perusahaan pers dalam menjalankan roda perusahaan dengan baik.

Sementara itu, Sekretaris AMSI Sumsel, Romi Maradona mengatakan, sejak berdiri 2018 lalu, ada 15 perusahaan pers yang tergabung dalam AMSI Sumsel.

“Kita memiliki program kerja dan komitmen memberantas hoaks. Kita telah melakukan kaloborasi dengan berbagai pihak, termasuk Google terkait edukasi mis-informasi dan disinformasi,” ungkapnya.

Romi menjelaskan, kedatangan pihaknya tersebut dalam upaya untuk mengundang Gubernur Sumsel agar turut hadir dalam proses pelantikan pengurus AMSI yang baru.

“Selain pelantikan, kita juga melakukan seminar terkait disinformasi dan mis-informasi secara virtual. Kita meminta Pak Gubernur sebagai salah satu keynot speaker-nya,” harapnya.

Turut hadir Ka. Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel, H. Achmad Rizwan, S.STP, MM, Karo Humas dan Protokol, Rika Efianti, SE, MM. (Adv/Daeng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here