Capaian Kejari Bengkulu Selatan di Tahun 2022

BengkuluSelatan,SentralNews.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menggelar konferensi pers sebagai bentuk refleksi pencapaian kinerja sepanjang tahun 2022, Kamis (29/12/2022) di aula kejari setempat.

Sepanjang tahun 2022, Kejari BS berhasil menyelamatkan uang negara senilai Rp 443 juta. Uang tersebut merupakan uang pengganti dari penyalahgunaan ADD dan DD Desa Air Umban serta Pembangunan Gedung Praktek SMK 05 BS.

Hal tersebut diungkapkan langsung Kajari Bengkulu Selatan, Hendri Hanafi, dijelaskannya jika uang pengganti tersebut atau lebih kenal sebagai Tuntutan Ganti Rugi (TGR), semuanya sudah masuk kembali ke kas negara.

“Sudah masuk ke kas negara, dalam perkara ini juga sudah memiliki hukum yang tetap,” kata kajari.

Kajari menambahkan bahwa sepanjang tahun 2022 ini, pihaknya juga tidak hanya menyelesaikan atau menangani dua perkara korupsi. Kejari juga menangani lebih dari dua perkara, yaitu Dugaan Korupsi Dana Baznas, Korupsi Dana Desa Durian Seginim, Korupsi Dana Kesra tahun 2015.

Sementara, Kejari juga sudah menjalankan 15 kegiatan yang terdiri dari pendampingan hukum, jaksa menyapa, serta program unggul lainya yang digunakan untuk penggunaan dana atau uang negara tidak salah. Di tahun 2023 mendatang Kejari BS akan tetap meneruskan beberapa program dan penanganan perkara yang belum selesai pada tahun sebelumnya.