Tanam Perdana Bawang Merah di Tanjung Palas Utara, Pemkab Bulungan Bagikan Alat Mesin Choper Kepada Peternak

Bulungan, sentralnews.com –Tanam Perdana Bawang Merah di Tanjung Palas Utara, sebanyak 9 orang Peternak yang terdiri dari beberapa kelompok tani mendapatkan Mesin Choper (alat pencacah) dibagikan secara langsung oleh Bupati Bulungan, Syarwani, S. Pd., M. Si di Desa Panca Agung, Jumat 29/9/2023.

Bupati Bulungan didampingi Asisten Perekonomian & Pembangunan, Ibramsyah, S.Sos, Asisten Administrasi Umum, Adi Irwansyah M.S, SH., M.Si beserta jajarannya, serta perangkat Desa dan tokoh masyarakat, ada 9 unit mesin Choper (pencacah) yang telah di bagikan, selain itu juga alsintan.

Bupati Bulungan mengatakan “Mudah-mudahan penanaman perdana ini bisa berhasil, sebagai tahap awal untuk belajar,” penanaman bawang merah sebelumnya dilaksanakan di daerah Desa Apung, Kecamatan Tanjung Selor. Ungkap Syarwani.

Lanjut Bupati sampaikan “Saya berharap teman-teman dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) dapat mengawal, melakukan pendampingan sekaligus penanaman ini menjadi laboratorium sebagai bahan pengkajian budidaya bawang merah yang lebih baik ke depannya,” jadi pengalaman tersebut hendaknya dapat diajarkan Penyuluh Pertanian kepada petani bawang merah di Tanjung Palas Utara. ucap Bupati.

Bupati, dan untuk bantuan mesin chopper (alat pencacah) diharapkan membantu peternak dalam menyiapkan pakan dari rumput di lahan sekitar untuk ternaknya, baik kambing maupun sapi. “Bantuan ini tolong dijaga dan dirawat agar awet penggunaannya serta meringankan beban pekerjaan,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, pembangunan sektor pertanian menjadi komitmen pemerintah daerah sesuai visi Mewujudkan Kabupaten Bulungan yang Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera.

Bupati mengungkapkan, Pemkab saat ini merintis peternakan unggas di Kecamatan Tanjung Palas serta Tanjung Selor bekerjasama dengan beberapa badan usaha. Peternakan serupa diharapkan juga dikembangkan di kecamatan lainnya termasuk di Kecamatan Tanjung Palas Utara. (*)

Pewarta Aspian.