Dispar Sarankan Pemdes Lakukan Hal Ini Untuk Ikut Lomba Desa Wisata

SentralNews, Bengkulu Selatan – Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan, Rendra Febrianto, S.S, M.Si mengatakan, ada beberapa desa akan mengikuti lomba desa wisata tahun ini. Pihaknya berharap pemerintah desa (pemdes) melakukan persiapan matang.

“Ada beberapa desa yang disiapkan untuk ikut lomba desa wisata. Kami berharap pemerintah desa melakukan persiapan matang, agar bisa mendapat hasil yang terbaik,” kata Rendra, dilansir rasel.

Dikatakan Rendra, banyak persiapan yang perlu dilakukan pemerintah desa mengikuti lomba desa wisata. Bukan hanya mempersiapkan spot atau lokasi wisata yang ada di desa, tapi semua fasilitas pendukung wajib dimatangkan.

“Penilaian lomba desa wisata bukan hanya melihat tempat wisata, tapi mencakup keseluruhan yang berkaitan di desa tersebut. Mulai dari dukungan pemerintah desa, karakteristik masyarakat, sampai ke keseriusan pengelolaannya,” ujar Rendra.

Atas dasar itulah, Rendra menyarankan pemerintah desa serius dalam mengelola potensi wisata yang ada. Aktifkan pokdarwis, sediakan fasilitas pendukung, dan buat potensi wisata di desa menjadi lebih menarik sehingga memiliki daya tarik lebih.red.adv