Luncurkan Layanan Urologi Penanganan Penyakit Batu Ginjal di RSMY, Rohidin : Layanan Ditanggung BPJS

Bengkulu, sentralnews.com- Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meluncurkan layanan unggulan bedah urologi di RSUD M Yunus untuk memberikan layanan kesehatan prima dan profesional guna mewujudkan Bengkulu Sehat.

Sarana ini bernama Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) yaitu salah  satu prosedur yang digunakan untuk menangani penyakit batu ginjal tanpa harus dengan tindakan pembedahan dengan tingkat resiko yang minim.

Pasien yang menjalani layanan ini dapat berobat secara nyaman karena seluruh prosedur ESWL ditanggung BPJS sehingga pasien tak perlu membayar sama sekali.

“Layanan unggulan di RSUD dr. M. Yunus ini ditanggung sepenuhnya oleh BPJS, jadi pasien sama sekali tidak membayar untuk menjalani prosedur ESWL meskipun lebih dari satu kali,” kata Rohidin.

ESWL ini adalah tindakan rawat jalan yang prosedurnya hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Artinya pasien datang pagi hari kemudian siangnya sudah bisa pulang. ESWL sendiri merupakan media yang menggunakan alat pancar gelombang kejut yang dikonsentrasikan di sekitar ginjal, berguna untuk menghancurkan batu ginjal menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil sehingga dapat dikeluarkan bersama urine. Prosedur ini cukup efektif menghancurkan batu ginjal dengan diameter kurang dari 2 cm.

“ESWL adalah teknologi terbaru dalam tata laksana tindakan pada batu ginjal. Pada prinsipnya tindakan ESWL itu menggunakan gelombang kejut yang diarahkan dari luar tubuh pasien ke Ginjal,” jelasnya.

Sejak kepemimpinan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, RSUD M. Yunus Bengkulu sudah memiliki tiga layanan unggulan, pertama layanan unggulan Kateterisasi Jantung (Cath Lab). Kedua, layanan unggulan bedah saraf, dan ketiga adalah layanan unggulan bedah Urologi. (**)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here