5 April Dibuka Sekolah Tatap Muka, Namun Tetap Pada Prokes

H. Jafar Sidik Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tana Tidung.

Kalimantan Utara, sentralnews.com – Hampir satu tahun sudah sekolah di tiadakan artinya tidak ada mengajar dan belajar guru dan murid, sehingga covid-19 merenggut keceriaan juga kegembiraan anak-anak disekolah, walaupun saat ini sudah di berlakukan daring yaitu belajar jarak jauh / rumah, namun membuat hal itu tidak efesien tidak sama dengan belajar tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tana Tidung Jafar Sidik, menyatakan tanggal 5 April 2021 akan di buka belajar tatap muka, yaitu sekolah SMP 2 Sesayap Hilir dan SDN 1 Sedulun, sebelumnya sudah ada semple atau contoh misalkan sekolah SMP Betayau dan Muruk Rian itupun sudah berjalan 3 bulan sekolah tatap muka, karena itu dengan semple tersebut kami di Disdikbud Kab. Tana Tidung menarik kesimpulan lebih baik sekolah Tatap Muka ketimbang belajar dari rumah, kita takut belajar mengunakan daring murid bisa kurang daya fikirnya atau menerima pelajaran. ungkap Jafar Sidik.

Lanjut dikatakan Jafar Sidik, sekolah Tatap muka sesuai dengan arahan pemerintah daerah khususnya Bupati Tana Tidung, untuk pembukaan sekolah diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah sesuai dengan surat 3 menteri / SKB bahwa pemerintah dapat membuka sekolah, jadi kami (Disdikbud) sudah menyusun semua ketentuan-ketentuan sesuai dengan SKB 3 menteri, jadi apa saja syarat membuka sekolah, tentunya bekerjasama dengan dinas kesehatan maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). ungkapnya.

Namun sebelumnya kita adakan dulu yaitu rapid tes dan antigen untuk semua guru-guru, jadi kedepan saat melaksanakan sekolah tatap muka tetap aman, tentunya kita ada keterlibatan beberapa dinas-dinas baik dinas kesehatan, BPBD dan Satpol PP. ujar Jafar Sidik.

Mengenai orang tua murid, kami sudah sosialisasikan kepada mereka juga minta persetujuan mereka dan komite sekolah yaitu sekolah tatap muka, orang tua murid setuju dengan dibukanya sekolah tatap muka seperti dulu, tentu akan memperketat protokol kesehatan dengan 3M ( memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun).

Kepala Disdikbud Kab. Tana Tidung H. Jafar Sidik menghimbau, selama covid-19 belum hilang dan masih saja ada yang terkonfirmasi di Tanah Air kita, anak-anak atau orang tua selalu mentaati himbauan Pemerintah yaitu selalu mentaati protokol kesehatan dengan 3M.

Alhamdulillah Di Tana Tidung sudah berkurang, jadi saya juga berpesan untuk anak-anak jangan selalu berkumpul dan bermain di luar rumah yang tidak ada artinya apalagi tidak memakai masker, sekolah bertujuan untuk belajar menuntut ilmu pelajaran di sekolah juga untuk masa depan nanti, ujar Jafar Sidik. (as).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here