Bank Bengkulu, Pemkab Seluma dan BAZNAS Teken MoU Kelola Infak ASN

Seluma, Sentralnews.com – Bank Bengkulu Cabang Tais digandeng oleh Pemerintah Kabupaten Seluma bersama-sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Seluma untuk menjalin kerjasama pengelolaan infak ASN di lingkungan pemerintahan Kabupaten Seluma.

Kerjasama ini secara resmi ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) alias nota kesepahaman oleh para pihak yakni, Kepala Bank Bengkulu Cabang Tais Yulizar, Bupati Seluma Erwin Octavian dengan pihak Baznas Seluma, pada hari Selasa (4/5). MoU tersebut berisi butir-butir perjanjian kerjasama para pihak dalam pengelolaan infak ASN.

Kepala Bank Bengkulu Cabang Tais, Yulizar, mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah inovatif yang diambil Bupati Seluma Erwin Octavian. Diakuinya, hal ini baru pertama kali dilakukan oleh pemda setempat.

“Kami sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Bupati. Sangat inovatif. Ini baru pertama kali dilakukan di Seluma. Semangatnya bagus sekali ya, agar pengelolaan infak ASN efektif dan efisien. Kemudian, transparansi penyalurannya pun juga bisa diketahui melalui Baznas Seluma”, kata Yulizar.

Mekanisme penarikan infak tersebut, lanjut Yulizar, tetap berada di internal OPD masing-masing. Bank Bengkulu berperan dalam penyaluran atau transfer dana infak hasil rekap OPD tersebut ke rekening Baznas.

“Jadi, yang merekap uang infak ASN tersebut adalah bendahara di masing-masing instansi OPD. Bukan Bank Bengkulu yang melakukan perekapan. Bank Bengkulu hanya mentransfer uang hasil rekap tersebut ke rekening Baznas”, ujarnya.

Yulizar berharap kerjasama seperti ini dapat terus dilakukan dan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang. “Kami berharap kerjasama seperti dapat terus dilakukan dan ditingkatkan lagi ke depannya. Kami yakin, Bupati Seluma, Pak Erwin, dapat membuat lebih banyak lagi terobosan dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan daerah”, tutupnya.

Bupati Seluma Erwin Octavian menegaskan bahwa infak yang diambil langsung dari gaji ASN Kabupaten Seluma tersebut akan dikelola oleh Baznas secara transparan.

“Infak sedekah yang diambil dari seluruh ASN tersebut akan dikelola langsung oleh Baznas, yang nanti akan disalurkan sesuai dengan kebutuhan, dan terpenting adalah untuk membantu masyarakat Seluma yang sedang membutuhkan,” ucap Erwin.

Erwin juga mengatakan, bahwa besaran infak yang diambil dari gaji ASN Kabupaten Seluma bervariasi. Tidak ada penyeragaman besaran infak.

Untuk diketahui, pengelolaan infak ASN Kabupaten Seluma ini sudah berjalan dua bulan sejak bulan April 2021. (C15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here