HD: Wujudkan Sumsel Sebagai Lumbung Pangan Terbaik Tingkat Nasional

Banyuasin, SentralNews.com – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru harapkan dan mengajak para petani menjadi entrepreneur dengan terus ada kepedulian dalam mewujudkan Sumsel sebagai Lumbung Pangan Terbaik Tingkat Nasional.

Hal tersebut dikatakannya pada acara Rembug Pemantapan Pekan Daerah (PEDA) KTNA Prov. Sumsel ke XV Tahun 2021 bertempat di Rumah Ketua KTNA Prov. Sumsel Jl. Tanah Mas Komplek Tanah Mas Banyuasin, Kamis (27/5/2021).

“Bersama Petani yang Kreatif dan Inovatif kita wujudkan Sumsel sebagai Lumbung Pangan Terbaik Tingkat Nasional,” ujar Gubernur Herman Deru (HD).

HD utarakan mendengar dari paparan Bupati Muara Enim, persiapan Kabupaten Muara Enim sebagai penyelenggara PEDA KTNA ke-XIV Prov. Sumsel Tahun 2021 sudah matang dan sudah baik dari panitia maupun para petani serta stakeholder sudah siap menyukseskan iven tersebut.

“Saya minta tidak ada lagi ada rembuk tapi fokus dengan pengalaman sebelumya,” ucapnya.

Ditambahkan, dalam menyukseskan KTNA harus ada kerja gotong-royong dari seluruh stakeholder. Dan paling penting dalam membantu petani tentang wahana jadi marketing baik itu adanya maupun tata cara penanaman dengan range artinya butuh komando sebagai rekomendasi bagi petani menemukan temuan dan inovasi dalam pengelolaan. Misalnya tanaman sayur guna pengaruh inflasi.

“Saya minta kepada KTNA dan para bupati agar jangan meninggalkan tanaman khas tradisional seperti duku, rambe,” tuturnya.

Plh. Bupati Muara Enim, Dr H. Nasrun Umar, SH. MM katakan sudah lama sudah 2 tahun menginginkan jadi penyelenggara PEDA KTNA dan akan digelar tanggal 26-30 Juli 2021 mendatang. Pelaksanaannya berdasarkan Surat Gubernur Sumatra Selatan Nomor: 521/1172/DKPP/2021 tanggal 30 April 2021 tentang Persiapan PEDA KTNA ke-XIV Prov. Sumsel Tahun 2021.

Turut hadir Ketua KTNA Prov. Sumsel HM Basyir DA dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (Daeng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here