STQH XXVI Provinsi Sumsel Resmi Dibuka

OKU Timur,SentralNews.com  – Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru secara resmi membuka Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) ke-26 serta melantik dan mengambil sumpah para Dewan Hakim Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist XXVI 2021, di Lapangan KONI Martapura, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Jumat (21/5/2021).

Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru mengatakan, masyarakat OKU Timur sudah lama merindukan menjadi panitia Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH).

“STQH XXVI tahun ini diharapkan melahirkan qori dan qoriah terbaik tingkat provinsi dan mampu bersaing menjadi yang terbaik di tingkat nasional bahkan internasional,” ujar Herman Deru.

Dia mengatakan, jangan melihat acara dengan kasat mata dengan panggung megah, tapi semua ini terlaksana dengan hasrat dari hati yang mulia.
Terkait rumah tahfiz dia menerangkan,
sudah ada 1 desa 1 tahfiz, dan sudah ada 3.500 rumah tahfiz. “Sudah menyebar tapi penyebaran yang perlu dibenahi,” ungkap dia.

Gubernur melanjutkan, semua pihak mempunyai tanggung jawab dalam membina guna mencari bibit dengan anggotadayakan ustaz dan ustazah dalam hal membaca Al-Qur’an tapi hanya tidak hafalan tapi sangat diperlukan amalan.

“Harus ada keseimbangan antara ilmu agama dengan sekolah umum,” ucap dia.

Gubernur juga mengingatkan agar menerapkan protokol kesehatan dalam STQH, karena tahun ini dalam kondisi pandemi COVID-19. Meskipun demikian tidak menyurutkan semangat peserta untuk tampil menjadi yang terbaik.

“Saya berharap STQH ke-27 dilaksanakan lebih meriah dan semoga COVID-19 sudah hilang lenyap,” tutup dia.

Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah mengatakan, pelaksanaan STQH berdasarkan surat keputusan SK Gubernur Sumatera Selatan nomor nomor: 451.14 / 2017 / III / 2020. Tentang pelaksanaan STQH 2021 Kabupaten OKU Timur ditunjuk menjadi tuan rumah pada 20-26 Mei 2021.

“Tema tahun ini adalah melalui penyelenggaraan STQH XXVI kita wujudkan masyarakat Sumsel yang Madani rukun dalam keberagaman,” ujar dia.

Turut Hadir Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yhuda, SH, FKD OKU Timur, Plh Sekda Sumsel H. Akhmad Najib. SH, M.Hum, Para Kepala OPD Prov. Sumsel Ketua Dewan Hakim Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist XXVI Tahun 2021 KHA Nawawi Dencik Alhafidz, dan para Dewan Hakim STQH. (Daeng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here