Gubernur Sumsel Tabur Puluhan Ribu Benih di Sungai Rawas

Muratara, SentralNews.com – Usai menghadiri rapat Paripurna Istimewah DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dalam rangka peringatan hari jadi ke-8 Kabupaten Muratara, Gubernur Sumsel H. Herman Deru (HD) beserta rombongan melakukan penaburan benih ikan di Sungai Rawas tepatnya di Desa Lawang Agung, Kec. Rupit Kabupaten Muratara, Selasa (29/6/2021).

Sebanyak 20.000 ekor benih Ikan Jelawat dan 50.000 ekor benih ikan Nilam yang ditabur di Sungai Rawas, tujuannya untuk melestarikan dan mempertahankan kearifan lokal Kabupaten Muratara, di mana kedua jenis ikan tersebut merupakan ikan asli Sungai Rawas.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, Provinsi Sumsel itu mempertahankan kearifan lokal bukan hanya dari pakaian maupun cara beradat istiadat tetapi juga dari jenis-jenis makanan.

“Ini ada Ikan Jelawat yang kita tebar merupakan ikan asli dari sungai ini. Ikan Jelawat ini jadi ikan sultannya di sini dan punya nilai sejarah yang tinggi,” ujar gubernur.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada peringatan hari jadi ke-8 Kabupaten Muratara tahun ini, dia mengharapkan bahwa semua masyarakat Sumsel dapat mempertahankan kearifan lokal yang ada. “Kita harus maju, tetapi kita tidak boleh meninggalkan adat dan budaya kita,” tegasnya.

Turut hadir Wakil Bupati Muratara, H. A. Inayatullah, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Kadispora Provinsi Sumsel, Akhmad Yusuf, Kadinkes Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy, Kepala Bappenda Provinsi Sumsel, Neng Muhaibah, MM., Kasat Pol PP Prov. Sumsel, M. Aris Saputra, Karo Umum dan Perlengkapan, Sandi Fahlepi, serta Forkopimda Kabupaten Muratara. (Daeng)