Peringatan HLUN ke-25, Pemkab Seluma Gelar Vaksinasi Khusus Lansia

Seluma, Sentralnews.com – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25, Pemerintah Kabupaten Seluma menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 khusus untuk kelompok lanjut usia (lansia) secara serentak pada 22 wilayah puskesmas se-Kabupaten Seluma.

Puncak peringatan HLUN ke-25 yang bertema “Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga” ini digelar di Desa Bukit Peninjauan II dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Seluma Gustianto. Dalam sambutannya, Gustianto mengatakan HLUN harus dijadikan momentum untuk mempedulikan kelompok masyarakat lanjut usia.

Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada seorang lansia di Desa Bukit Peninjauan II.

“Diperlukan upaya-upaya sinergis dan strategis melalui program yang pro terhadap kelompok lanjut usia agar lebih sehat, produktif, kreatif, mandiri, dan sejahtera”, kata Gustianto pada hari Selasa (15/6).

Selain itu, Gustianto berharap, ke depannya ada upaya pemberdayaan kelompok lansia yang konkret khususnya di bidang ekonomi.

Para lansia peserta vaksinasi massal menunggu antrean untuk divaksin.

“Saya minta, untuk pemberdayaan masyarakat lansia agar dapat lebih diwujudkan upaya-upaya kewirausahaan dan kegiatan kreatif yang mampu merangsang produktivitas ekonomi para lansia”, ujarnya.

Usai membuka kegiatan secara resmi, Wakil Bupati Gustianto menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada 5 orang lansia. Paket sembako merupakan kontribusi Baznas Seluma dalam kegiatan tersebut. Paket sembako sejumlah 230 paket tersebut diserahkan kepada lansia yang sudah disuntik vaksin Covid-19.

Wakil Bupati Gustianto menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada lansia yang sudah divaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabuaten Seluma Rudi Syawaludin mengatakan, target vaksinasi serentak khusus lansia ini adalah sejumlah 2600 orang lansia se-Kabupaten Seluma pada 22 wilayah puskesmas. Dari jumlah tersebut, khusus di Desa Bukit Peninjauan II ditargetkan sejumlah 500 orang lansia peserta vaksinasi.

Kegiatan vaksinasi untuk kelompok lansia ini tak hanya serentak di Kabupaten Seluma, tapi juga serentak di seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu.

Di Seluma, kegiatan ini terwujud berkat kerjasama antara Dinas Kesehatan Kab. Seluma, Dinas Sosial Kab. Seluma, BPJS Kesehatan Kab. Seluma, Bang Bengkulu Cabang Tais, Baznas Seluma, dan Bid. Dokkes Polda Bengkulu.

Ketua TP PKK Kabupaten Seluma Herawati Erwin tampak hadir pada kegiatan vaksin massal.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Kab. Seluma Herawati Erwin, Penjabat Sekda Seluma Darpinudin, perwakilan Kapolres Seluma, perwakilan Dandim 0425 Seluma, dan Kepala BPJS Kesehatan Seluma. (C15)