Sidak ke RSUD Tais, Bupati Cek Faskes Penanganan Covid

Seluma, Sentralnews.com – Usai serahkan mobil Puskesmas Keliling (Pusling) di Puskesmas Penago II, Bupati Seluma Erwin Octavian mendadak berhenti di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tais.

Tanpa basa basi Bupati langsung saja berkeliling memeriksa tiap fasilitas yang ada, mulai dari kebersihan toilet, kesiapan ruang isolasi pasien Covid-19, dan juga fasilitas pengisian tabung oksigen.

Kedatangan mendadak orang nomor satu di Kabupaten Seluma ini mengagetkan sejumlah pegawai dan tenaga kesehatan di RSUD Tais. Direktur Utama dan para pegawai pun kalang kabut dan tampak tergesa-gesa mengejar langkah cepat sang Bupati kesana kemari memeriksa tiap gedung yang ads di komplek rumah sakit kebanggaan Kabupaten Seluma itu.

Bupati Seluma Erwin Octavian diikuti Direktur Utama RSUD Tais dan sejumlah pegawai memeriksa fasilitas kesehatan.

“Hari ini pengecekan (pemeriksaan) langsung kesiapan yang ada di rumah sakit (RSUD) Tais, kebetulan rumah sakit kita ini tipe C. Alhamdulillah dari 53 tempat tidur sampai saat ini terisi 8 saja. Tadi kita lihat untuk pasien Covid kondisinya dalam keadaan membaik”, ungkap Erwin pada Selasa (3/8).

Erwin menilai, pihak rumah sakit harus membenahi kembali masalah kebersihan. Sebab, menurutnya, fasilitas kesehatan haruslah bersih agar setiap warga yang mengakses pelayanan kesehatan merasa puas dan nyaman.

Bupati berbincang dengan pasien umum di RSUD Tais.

Selain itu, dari hasil sidaknya, Erwin mendapati fasilitas tabung oksigen beserta ruang pengisian oksigennya dalam keadaan baik dan bekerja dengan baik. Kendati demikian, pihak rumah sakit mengakui bahwa sesekali harus mengisi tabung oksigen ke Kota Bengkulu disaat meningkatnya permintaan penggunaan oksigen pasien.

“Tabung oksigen kita ada. Alhamdulillah cukup, tinggal lagi kecepatan pengisian tabung oksigen memang harus ditingkatkan. Insya allah ke depan akan kita benahi”, tutupnya.

Bupati Seluma termuda ini juga memastikan ketersediaan obat-obatan antivirus untuk pelayanan pasien Covid-19. Direktur RSUD Tais memastikan obat-obatan tersedia dan cukup.

Pastikan ketersediaan tabung oksigen, Bupati periksa ruang pengisian tabung oksigen.

Selain itu, Erwin juga menyempatkan waktunya untuk bertegur sapa dan berkomunikasi dengan keluarga pasien Covid-19 yang dirawat di ruang isolasi maupun pasien umum. Dia ingin memastikan seluruh pasien menerima pelayanan dengan baik dan nyaman.

Berdasarkan penuturan Direktur Utama RSUD Tais dr. Wiwin Herwini, sebelumnya jumlah tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut hanya berjumlah 16 unit, saat ini telah bertambah menjadi 53 unit. Stok tabung oksigen berjumlah 25 unit.

“Untuk obat-obatan antivirus dan vitamin alhamdulillah tersedia dan cukup untuk beberapa waktu ke depan”, ucap Wiwin Herwini. (C15)