Sambut HUT Ke-76 TNI AL, Lanal Bengkulu Gelar Bakti Sosial Bersih Pantai dan Serbuan Vaksin Covid-19

Bengkulu,SentralNewa.com –  Sambut Hari jadi ke-76 TNI AL dengan Tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Wujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, Prajurit Pangkalan TNi Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu laksanakan kegiatan Bakti Sosial Bersih Pantai, Bakti Kesehatan serbuan Vaksinasi Covid-19 serta Pengobatan gigi bagi anak usia dini untuk masyarakat pesisir yang dilaksanakan di Pantai Tapak Paderi Bengkulu, Kamis (9/9/2021).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Palaksa Pangkalan TNi AL Bengkulu, Mayor Laut (P) Kamaluddin dan dihadiri juga oleh Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, SE. MM dan yang diikuti 300 peserta terdiri dari Prajurit TNI AL Bengkulu, Ibu-Ibu dari Jalasenastri, Dinas Kebersihan Pemkot Bengkulu, Siswa SMKS 15 Taruna Bengkulu dan masyarakat Pesisir pantai tapak paderi Bengkulu.

Palaksa Mayor Laut (P) Kamaluddin mengatakan bahwa Tujuan dari kegiatan Bersih Pantai ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir dan muara untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan lestari serta meningkatkan kerjasama lintas sektoral dalam pengelolaan sampah dari muara dan pesisir.

“Mari kita sama – sama menjaga kelestarian lingkungan pantai agar anak cucu kita nanti bisa menikmati keindahan pantai yang telah kita lestarika sejak dini,” ujar Kamaluddin.

Kegiatan ini juga sangat mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah, Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi saat mengikuti dan turun langsung bersih- bersih pantai. Ia sangat berterimakasih dan mengapresiasikan atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Bengkulu dalam memperhatikan dan menjaga kebersihan Pantai di Bengkulu.

“kita Berharap, Lanal Bengkulu turut Menghimbau agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan, terutama limbah- limbah rumah tangga dan sampah plastik yang sering ditemui di pesisir pantai,” Harap Dedi.

diharapkan kegiatan Bersih Pantai ini juga bisa mendukung Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut.

Selain kegiatan bersih pantai, Kepala Balai Pengobatan Pangkalan TNI AL Bengkulu Dr. Nova Herlinda juga memimpin Bhakti Kesehatan serbuan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat maritim disekitar pantai Tapak Paderi, vaksin yang digunakan jenis vaksin Sinovac Multi dose sebanyak 2 vial dan Sinovac Double dose sebanyak 9 vial, dari 50 orang target yang akan divaksin, terdaftar 40 orang, tervaksin 38 orang. (Ta)