BPBD Provinsi Bengkulu Ingatkan Bahaya Akan Angin Kencang dan Hujan Deras Beberapa Hari Kedepan

Bengkulu – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Jaduliwan, melalui Kepala Bidang Tanggap Darurat BPBD Provinsi Bengkulu, Khristian Hermansyah, mengingatkan agar semua pihak mewaspadai potensi terjadinya bencana banjir. Khususnya bagi kawasan rawan terjadi banjir.

“Semua wilayah yang masuk matriks risiko waspada, kita antisipasi khususnya titik titik rawan banjir maupun longsor,” sampainya, (4/2).

Ia mengimbau masyarakat agar mengantisipasi terjadinya banjir dan tanah longsor. Juga terkait angin kencang sesaat itu, harus diperhatikan.

Dengan menghindari pohon besar, atau baliho yang sudah dimakan usia. Sehingga rawan untuk ambruk, dan berbahaya bagi masyarakat yang ada disekitarnya.

“Untuk masyarakat yang tinggal berada di tepi aliran sungai dan tebing apabila terjadi air naik dan suara gemuruh siaga dan waspada siapkan diri untuk mengungsi ketempat yang lebih aman,” kata Kris.

Sehubungan dengan cuaca saat ini, lanjutnya, ia menekankan pada masyarakat agar berhati-hati bila beraktifitas di luar rumah.

Juga agar, berkoordinasi dan memberikan informasi kepada pihak terkait apabila terjadi bencana. seperti didesa ada forum relawan agar dapat dilaporkan ke BPBD Kab/Kota/Provinsi dan pihak terkait.

“Tidak beraktifitas di,luar rumah apabila tidak mendesak. Mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan,” sarannya.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geografi (BMKG) Fatmawati Bengkulu, melalui Prakirawan Stasiun Meteorologi Fatmawati Bengkulu, Winda Ayu menyampaikan dua hari ke depan, potensi hujan masih berpeluang terjadi di Bengkulu.

Bahkan, untuk kecepatan angin kencang berdurasi singkat juga masih ada.
Kategori Lokak

“Untuk saat ini selain masih musim penghujan faktor lokal seperti adanya belokkan angin yang mendorong terbentuknya proses awan cumulonimbus yang menyebabkan

Sementara itu, untuk angin kencang masih akan sering terjadi.

Di mana kekuatan berkisar di 36 km/jam, dan wilayah Bengkulu beberapa hari nanti didominasi dengan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

“Waspadai potensi angin kencang” pesannya