Walikota Tarakan Hadiri Wisuda Santri Pagar Nusa

Kalimantan Utara, sentralnews.com – Walikota Tarakan dr. H. Khairul. M.Kes menghadiri acara Pesantren Pesilat dan Wisuda Santri Pagar Nusa Kota Tarakan atau Pencak Silat Nahdlatul Ulama, pada hari Senin 28 Februari 2022 di Gedung Graha KNPI Kota Tarakan.

Acara tersebut bertemakan “Generasi Yang Tangguh, Bangsa Kuat Bersama Santri Yang Hebat, Meningkatkan Keimanan, Semangat Perjuangan Ulama dan NKRI”, turut hadir para ulama NU, Kodim, Polres Tarakan, DPRD Kota Tarakan dan Jajaran Pemkot Tarakan.

Sementara Walikota Tarakan dr. H. Khairul. M.Kes dalam sambutnya sangat mengapresiasi kegiatan ini dimana, Pesilat muda jebolan PSNU Pagar Nusa diharapkan dapat turut serta membangun Kota Tarakan dalam mencetak generasi muda yang berkualitas dan berakhlak mulia.

“Kemampuan bela diri PSNU Pagar Nusa yang didominasi oleh para santri bukan hanya untuk takabur namun sebagai fungsi pengendalian diri, jadikan sebagai Budaya yang perlu di lestraikan juga di kembangkan” katanya.

Para anggota PSNU Pagar Nusa diharapkan semakin mandiri, lebih dewasa dan dapat mengendalikan diri serta dijauhkan dari sifat takabur, sehingga mendukung terwujudnya Kota Tarakan yang berakhlakul karimah.

“Bela diri bukan hanya Pencak Silat saja, tapi masih banyak lagi bela diri lainya contohnya karete atau taekwondo yang merupakan seni bela terkenal dunia yang di pertandingkan saat ini, sejatinya untuk melindungi diri sendiri bahkan untuk melindungi sesama yang di membutuhkan,” dan Walikota Tarakan dr. H.

Khairul. M.Kes berpesan kepada anggota Pagar Nusa untuk selalu rendah hati walaupun mempunyai ilmu yang tinggi, ” ujarnya.
Lanjutnya, berpesan kepada Santri Pagar Nusa untuk senantiasa mendekati pesantrean. Dia berpendapat jangan sampai pesantren diisi oleh pencak silat yang lain, mengingat Pagar Nusa sendiri lahir di lingkungan NU.

Selain itu, dia menekankan Pagar Nusa juga untuk bisa bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan lain. Dengan begitu, harapanya pencak silat Pagar Nusa bisa menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
Pembinaan yang berjenjang Pencak Silat Pagar Nusa diharapkan bisa mengibarkan bendera merah putih dalam ajang nasional maupun internasional.

“Pagar Nusa diharapkan bisa meningkatkan kemampuannya dengan latihan yang lebih keras lagi,” namun tak terkecuali harus mematuhi protokol kesehatan yaitu selalu memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak karena daerah kita masih bertambah covid-19. ujarnya. (as)