Walikota : Peran Pemuda Sangat Penting

Kalimantan Utara, sentralnews.com – Wali Kota dr. H. Khairul M.Kes bersama Wakil Wali Kota Tarakan Effendhi Djuprianto menghadiri acara talkshow milenial yang di selenggarakan oleh Persaudaraan Pelajar Se-Kota Tarakan di Gedung Wanita Tarakan, Minggu (6/3/2022).

Kegiatan ini bersamaan dengan 3 tahun kepemimpinan dr. H. Khairul, M.Kes, dan Effendhi Djuprianto sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tarakan periode 2019-2024 tepatnya 1 Maret 2019 – 1 Maret 2022.

Acara ini mengangkat tema “Milenial dan Smar City” turut hadir dalam acara tersebut yaitu Direktur Perumda Tirta Alam Tarakan Iwan Setiawan, tokoh wanita dr. Ari Yusnita dan sejumlah tokoh pemuda dan pemudi Kota Tarakan.

Walikota dalam paparanya menjelaskan Visi kami untuk “Terwujudnya Tarakan sebagai Kota Maju dan Sejahtera Melalui Smart City” yang dituangkan dalam 16 program unggulan serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tarakan, telah diralisasikan.

Adapun 16 program yang di maksud Pertama : mengenai Alokasi dana RT sebesar 50 juta – 200 juta pertahun dengan insentif RT 1 juta perbulan, Kedua : Beasiswa Prestasi dan tidak mampu serta pembangunan gedung sekolah baru, Ketiga : Layanan Puskesmas 24 jam dan operasionalisasi RSUKT, Keempat : Berjalananya pembangunan DP 0 persen sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kelima : Realisasi 139% atau 13.901 sambungan PDAM baru secara gratis dari target 10.000 sambungan gratis di 2024 dan 93 % rumah kota Tarakan telah terlayani sambungan PDAM 83% di 2024, Keenam : Terwujudnya jaminan kelancaran TPP ASN, Insentif Guru mengaji/sekolah mingguan, kader, dan kelompok penerima lainya, Ketujuh : terwujudnya universal Health Coverage, layanan 122, Asuransi layanan, Jaminan social Ketenagakerjaan bagi kerja kontrak, pasukan kuning dan hujau.

Kedelapan : Status Tanah di 13 dari 20 kelurahan telah terpetakanlengkap dan Sertifikatasi Aset Tanah Pemkot di Jalankan serta di lakukan revisi tata ruang, Kesembilan : Terwujudnya keandalaan energy listrik, jaringan telpon dan internet serta beroperasinya mall peyanan public dalam rangka percepatan investasi.

Kesepuluh : Terlaksananya peningkatkan kualitas dan kuantitas jalan dan jembatan, Kesebelas : Terealisasi bantuan rumah tidak layak huni 2.383 rumah, Keduabelas : Terealisasinya bantuan pupuk, bibit, prasarana dan pemasaran produk pertanian, perikanan dan kelautan.

Ketigabelas : Dimanfaatnya kawasan SIKIM karang harapan untuk usaha Meubelair, perahun dan pengemasan, Keempatbelas : Ditatanya kawasan wisata pantai amal, Pembangunan Tarakan ART AND CONVENTION CENTER, dukungan kompetisi olahraga, Penggalakan Promosi Wisata, kegiatan kewanitaan, dan Kebijakan menyerap produksi batik local.

Kelimabelas : Telah di bangun 8 taman bermain Ramah Anak, (TBRA) dari target 20 TBRA di Kelurahan tahun 2024, dan Keenambelas : Beroperasinya Tarakan Commend Center Termasuk operasionalisasi surveillance camera, transaksi non tonai dalam layanan public dan internal pemkot serta E- FARKING.

Walikota juga menyampaikan peran pemuda dalam pembangunan sangat penting, Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang.

Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya, dan sekarang kita masa pemulihan ekonomi ini, tentu stimulasi terhadap pertumbuhan ekonomi harus kita lakukan karena itu menjadi sangat penting, menjadi lokomotif dari semuanya. Kalau pertumbuhan ekonomi tidak jalan, pengangguran meningkat, kemiskinan meningkat, otomatis juga kita tidak bisa melakukan pembangunan sektor lain.,” ujar Khairul. (as)