Pemkab BS Raih Peringkat ke Dua Terbaik Penurunan Stunting

Pemerintah kabupaten (Pemkab) BS dalam menangani kasus stunting di Kabupaten BS patut diapresiasi. Buktinya, Kabupaten BS menerima penghargaan sebagai Runner Up atau kabupaten terbaik kedua pada penilaian kinerja delapan aksi konvergensi penurunan stunting se-Provinsi Bengkulu tahun 2021.

Piagam pengharagaan diterima langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) BS H Rifa’i Tajuddin, S.Sos didampingi Kepala Bappeda-Litbang BS Drs H Yulian Fauzi, M.AP dan beberapa kepala OPD terkait pada Rabu (6/7/2022) sekitar pukul 19.30 WIB.

Wabup BS H Rifa’i Tajudin mengatakan, penghargaan ini diterima pada kegiatan Workshop Penguatan Pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting dan Pemberian Penghargaan atas Penilaian Kinerja Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Regional I yang dilaksanakan di Makasar Sulawesi Selatan pada 6 hingga 8 Juli 2022.

Rifa’i mengaku, sangat bangga atas prestasi gemilang yang diterima Pemkab BS. Ini merupakan bukti keseriusan Pemkab BS dalam menangani stunting yang ada di Kabupaten BS.

“Alhamdulillah Kabupaten BS menjadi Kabupaten terbaik kedua dalam penilaian kinerja delapan aksi konvergensi penurunan stunting se-Provinsi Bengkulu tahun 2021 ini,”tegas Wabup.

Ditambahkannya konvergensi percepatan pencegahan stunting dilakukan mulai dari tahap perencanaan dan program pelaksanaan hingga pemantauan. Adapun, kedelapan tahapan aksi konvergensi pelaksanaan pencegahan stunting meliputi beberapa hal. Diantaranya, identifikasi sebaran stunting, penyusunan rencana atau kegiatan peningkatan pelaksanaan integrasi intervensi gizi, rembuk stunting tingkat kabupaten/kota. Kemudian, kepastian hukum bagi desa yg menjalankan kewenangan desa dan intervensi gizi terintegrasi, ketersediaan dan fungsi kader yang membentuk pemerintah desa dalam pelaksanaan intervensi gizi terintegrasi tingkat desa. Lalu, sistem pengolahan data stunting dan cakupan intervensi ditingkat kabupaten/kota, program pertumbuhan dan perkembangan anak balita dan publikasi angka stunting kabupaten/kota. Terakhir, review kinerja pelaksanaa program atau kegiatan penurunan stunting selama satu tahun terakhir.

“Dengan mendapatkan penghargaan, menjadi penyemangat Pemkab BS dalam percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten BS ke depannya,”pungkas Wabup. (Adv)